Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Bambang

Yakinlah Sesudah Pandemi Datang Kebahagiaan

Eduaksi | Wednesday, 07 Jul 2021, 22:04 WIB

Masa pandemi yang kita rasakan sekarang ini tentunya melahirkan kesulitan-kesulitan. Yang sakit merasakan kesulitan untuk ibadah, makan, minum dan aktifitas yang lainnya. Sedangkan yang sehat juga merasakan kesulitan-kesulitan karena gerak langkahnya serba dibatasi. Yang akhirnya membawa kita dalam kesulitan untuk aktifitas berekonomi, mendapatkan pendidikan, pariwisata dan lainnya.

Namun tentunya bagi mereka yang beriman kepada Allah pasti akan yakin bahwa semua ini merupakan kehendak Allah Ta'ala, dan semua ini tentu akan memberikan hikmah tersendiri bagi umat manusia.

Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam surat Alam Nasyrah ayat 5-6

Artinya : "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (Q.S Alam Nasyrah: 5-6)

Sungguh pandemi ini merupakan ujian dari Allah dan Allah sudah berjanji sebagaimana ayat diatas bahwa sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Karena Allah Ta'ala menciptakan segala sesuatu berpasangan, susah-senang, lapar-kenyang, kaya-miskin, sakit-sehat. Salah satu hikmah Allah menciptakan masa pandemi agar kita bisa merasakan nikmatnya masa normal. Hal ini sebagaimana orang yang makan, ia tidak bisa menikmati kenyang yang begitu nikmatnya apabila ia tidak merasakan lapar, jika ia merasa agak kenyang atau kenyang maka selezat apapun makanan tidak bisa ia nikmati.

Begitu juga dengan nikmat masa normal, kita baru bisa merasakan nikmatnya masa normal setelah merasa masa pandemi sehingga kita senantiasa bersyukur, merasa senang dan tidak pernah melalaikan lagi nikmat masa normal serta selalu menggunakan nikmat masa normal dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Nabi shallallahu 'alihi wa sallam bersabda,

Artinya "Ada dua kenikmatan yang sering terlupakan oleh banyak orang: nikmat sehat dan waktu luang." HR. Bukhari, no: 5933

Namun tentunya datangnya kebahagiaan setelah pandemi bisa dirasakan jika kita benar-benar beriman kepada Allah Ta'ala, sebagaimana firman Allah Ta'ala dalam surat At Thaghabun ayat 11

Artinya: "Tidak ada sesuatu musibahpun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." At Thaghabun: 11

Untuk itulah marilah kita tingkatkan keimanan kita kepada Allah dengan beristigfar, selalu bertaqwa, berbaik sangka kepada Allah atas pandemi ini dan melakukan hal-hal yang dicintai Allah Ta'ala.

Semoga kebahagiaan itu segera datang. Aamiin

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image