Rabu 07 Jul 2021 12:37 WIB

Kelurahan Kayu Putih Buatkan Peti Jenazah untuk Pasien Covid

dana pembuatan peti jenazah itu berasal dari bantuan BAZNAS Jakarta Timur.

 Pekerja membuat peti mati untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.
Foto: AP/Trisnadi
Pekerja membuat peti mati untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur, membuat peti jenazah untuk membantu penanganan korban Covid-19 di wilayah tersebut. Lurah Kayu Putih Artika Ristiana mengatakan inisiatif pembuatan peti jenazah itu berawal dari salah satu warga di wilayahnya yang lama mendapatkan penanganan pemulasaraan akibat keterbatasan tenaga kesehatan.

"Inisiatif awalnya kita pada Jumat (2/7) ada warga meninggal terlalu lama dapat penanganan. Mulai dari pemulasaraan sampai ke makam. Untuk pemulasaraan saja kita hubungi tenaga kesehatan pukul 08.00 WIB, tapi pukul 15.00 WIB baru dapat hadir," kata Artika Ristiana.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Artika Ristiana dan jajarannya kemudian berinisiatif untuk sedikit meringankan beban warga korban Covid-19 dengan membuat peti jenazah.

"Harapannya pun jangan sampai terpakai kalaupun terpakai ini untuk membantu. Kita pengennya melayani warga," ujar Artika Ristiana.

 

Artika mengatakan tiga peti jenazah sudah digunakan untuk warga korban Covid-19 dari total tujuh yang dibuat oleh Kelurahan Kayu Putih. Artika Ristiana mengatakan dalam pembuatan peti jenazah tersebut mengerahkan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Dia juga menyampaikan dana pembuatan peti jenazah itu berasal dari bantuan BAZNAS Jakarta Timur. "Tim PPSU yang turun tangan mulai dari mengukur, memotong, mengelem sampai beli bahannya," tutur Artika Ristiana.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement