Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Liverpool Tetap tak Izinkan Salah Perkuat Mesir di Olimpiade

Selasa 06 Jul 2021 18:22 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Penyerang Liverpool Mohamed Salah tak diizinkan membelas mesir di Olimpiade 2020.

Penyerang Liverpool Mohamed Salah tak diizinkan membelas mesir di Olimpiade 2020.

Foto: Michael Regan/Pool via AP
Federasi Sepak Bola Mesir sudah berkali-kali membujuk Liverpool agar melepas Salah.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Presiden Federasi Sepak Bola Mesir Ahmed Megahed mengungkapkan, Mohamed Salah sebenarnya memiliki keinginan untuk memperkuat timnas Mesir U-23 yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, Liverpool sebagai klub pemilik Salah, tidak mengizinkan pemain berusia 29 tahun memperkuat Mesir di Tokyo. Alhasil, nama Salah terpaksa dicoret dalam daftar final skuad Mesir U-23 yang diumumkan pada akhir pekan lalu. 

Sebelumnya, eks winger AS Roma itu sempat dimasukkan dalam daftar. Pengalaman dan kemampuan Salah diharapkan bisa mendongkrak penampilan para penggawa muda Mesir di Olimpiade Tokyo 2020. Salah bisa masuk dalam jatah tiga pemain senior yang diizinkan membela tim U-23.

Baca Juga

Megahed mengaku sudah berkomunikasi dan berusaha membujuk Liverpool sejak Juni silam untuk mengizinkan Salah berlaga di Tokyo. Namun, semua upaya itu menemui kegagalan. Manajemen the Reds enggan melepas top skorer Liga Primer Inggris selama dua musim beruntun tersebut. Padahal, menurut Ahmed, Salah berniat untuk berpartisipasi dan memperkuat timnas Mesir di Olimpiade. 

"Mohamed ingin bermain di Olimpiade Tokyo 2020. Dia mengungkapkannya sendiri kepada saya. Saya sudah melakukan yang terbaik untuk bisa membawanya. Dia termasuk dalam rencana skuad Olimpiade kami. Namun, klubnya menolak memberikan izin," tutur Megahed seperti dilansir Sky Sports, Selasa (6/7). 

Berdasarkan ketentuan FIFA, klub berhak menolak memberikan izin kepada para penggawanya untuk tampil di gelaran Olimpiade. Sebab, cabang olahraga sepak bola Olimpiade tidak termasuk dalam agenda tahunan kompetisi FIFA. Rencananya, cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 akan mulai digelar pada 22 Juli hingga 7 Agustus mendatang.

Apabila Salah bergabung bersama timnas Mesir di Tokyo 2020, maka kemungkinan besar Salah akan absen pada laga pembuka Liga Primer Inggris musim 2021/2022, yang rencananya bakal digelar pada 13 Agustus mendatang. Kondisi ini kabarnya menjadi pertimbangan utama Liverpool enggan memberikan izin kepada Salah. 

Selain Salah, timnas Mesir juga tidak akan diperkuat winger Aston Villa Mohamed Trezeguet yang mengalami cedera. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA