Jumat 02 Jul 2021 06:33 WIB

Hazard dan De Bruyne Masih Diragukan Bisa Tampil Vs Italia

Martinez sedikit menyayangkan Belgia dan Italia harus bertemu di perempat final.

Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez.
Foto: EPA-EFE/STEPHANIE LECOCQ
Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, mengakui kapten Eden Hazard dan gelandang kreatif Kevin de Bruyne masih diragukan bisa tampil melawan Italia dalam laga perempat final Euro 2020 di Muenchen, Jerman, Sabtu (3/7) WIB. Kebugaran kondisi kedua bintang Belgia itu jadi pertanyaan karena harus meninggalkan lapangan dalam keadaan cedera saat memenangi babak 16 besar melawan Portugal, Ahad (27/6).

De Bruyne cedera pergelangan kaki, sedangkan Hazard mengalami masalah hamstring. Keduanya pekan ini sama sekali belum mengikuti sesi latihan, termasuk pada Kamis (1/7) pagi sebelum skuad Belgia terbang ke Jerman.

"Akan sulit bagi Eden untuk bermain besok karena sedikit isu cedera dan mungkin akan berbeda lagi bagi Kevin yang mengalami masalah ligamen," kata Martinez dalam jumpa pers dilansir Reuters, Jumat (2/7) dini hari WIB. "Kami berpacu dengan waktu, tapi sepertinya harus menunggu hingga menit-menit terakhir untuk mengambil keputusan."

Di sisi lain, Martinez sedikit menyayangkan Belgia dan Italia harus bertemu di babak perempat final, mengingat secara statistik dan torehan sepanjang turnamen kedua tim patut diperhitungkan sebagai unggulan kuat.

"Kami adalah dua tim yang secara statistik terbaik di turnamen. Kedua tim sama-sama membukukan 14 kemenangan beruntun di pertandingan Euro. Sungguh disayangkan kami harus bertemu di perempat final. Tapi ini mungkin menunjukkan kualitas turnamen ini dan kami harus siap. Tak banyak rahasia, kedua tim begitu erat laiknya sebuah klub dan pertandingan besok bakal ditentukan detail-detail kecil," ujar Martinez melengkapi.

Pertemuan Belgia vs Italia sekaligus memberi kesempatan bagi Martinez untuk mengulangi kesuksesan mengalahkan Roberto Mancini, yang pernah ia rasakan pada 2013 saat membimbing Wigan Athletic menumbangkan Manchester City di final Piala FA.

"Jika melihat konteksnya final itu mempertemukan juara Inggris melawan tim kecil lain yang bisa mencapai final saja adalah sebuah kesuksesan," jelas Martinez. "Saya pikir tak banyak orang menyangka itu terjadi dan kisah itu terus terjaga serta menjadi inspirasi banyak klub lain."

Bila mampu melewati Italia, Belgia akan menghadapi Swiss atau Spanyol di babak semifinal Euro 2020.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement