Jumat 02 Jul 2021 05:42 WIB

Mantan Rektor UNJ, Prof Dr Conny Semiawan Meninggal Dunia

Pemikiran Conny menjadi batu pijak perubahan paradigma pendidikan modern di Indonesia

Tokoh Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Dr. Conny R. Semiawan
Foto: Universitas Negeri Jakarta
Tokoh Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Dr. Conny R. Semiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Berita duka datang dari dunia pendidikan, Guru Besar dan juga mantan Rektor IKIP Jakarta (sekarang bernama Universitas Negeri Jakarta) periode 1984-1992, Prof Dr Conny R Semiawan mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 91 tahun di RS. Siloam Mampang, Jakarta Selatan, pada 1 Juli 2021, pukul 09.21 WIB. Jenazah Prof. Conny R. Semiawan dimakamkan di TPU Jeruk Purut pada pukul 14.30 WIB.

Almarhumah merupakan guru bangsa dan tokoh pendidik nasional yang berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNJ. Pada tahun 2015 Prof. Conny pernah menerima penghargaan dari UNESCO yang diberikan kepada tokoh nasional yang berjasa di bidang pendidikan, kebudayaan, sains, dan komunikasi.

“Kami keluarga besar UNJ merasa kehilangan atas  kepulangan Prof. Conny R. Semiawan ke rahmatullah. Beliau adalah guru dan pendidik yang memiliki pemikiran besar dalam memajukan pendidikan nasional. Pemikiran dan agenda pemajuan pendidikan yang mengutamakan peserta didik dengan CBSA menjadi milestone perubahan paradigma  pendidikan modern Indonesia,” kata Rektor UNJ, Prof Komarudin dalam rilisnya, Kamis (1/7).

Dia mengatakan, kurikulum berdiversifikasi juga merupakan pemikiran beliau yang lain dan membongkar paradigma pendidikan dari yang sentralistik ke desentralistik. Indonesia patut dan wajib meneladani dan meneruskan pemikiran-pemikiran besar beliau dalam memajukan pendidikan nasional.

"Apalagi UNJ menjadi basis pengembangan pemikiran pendidikan beliau, termasuk Labschool di dalamnya. Semoga ilmu yang diajarkan beliau terus menjadi amal jariyah dan mengantarkan beliau ke syurga Allah SWT. Aamiin," kata dia lagi.

“Terima kasih atas dedikasinya yang sangat luar biasa melalui berbagai karya-karya pemikiran untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia dan khususnya IKIP Jakarta sekarang menjadi UNJ. Selamat Jalan Guru Bangsa. Dedikasi-Mu dalam dunia pendidikan akan selalu Kami kenang," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement