Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Wakaf Miliki Peran Dukung Pembangunan Nasional

Kamis 01 Jul 2021 19:12 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Direktur Keuangan Inklusif Syariah Dana Sosial Keagamaan dan Keuangan Mikro Syariah KNKS Ahmad Juwaini

Direktur Keuangan Inklusif Syariah Dana Sosial Keagamaan dan Keuangan Mikro Syariah KNKS Ahmad Juwaini

Foto: KNKS
Wakaf memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakaf memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan nasional. Hal ini disampaikan Direktur Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNKS), Ahmad Juwaini, saat peluncuran aplikasi e-services pendaftaran nazhir oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) secara virtual, Kamis (1/7).

Ahmad mengatakan, Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis publikasi statistik Indonesia 2021. Salah satunya menyajikan kondisi sosial dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dari berbagai indikator yang disajikan menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia masih perlu ditingkatkan kembali.

Baca Juga

"Dari publikasi itu juga ditunjukkan ketersediaan kualitas pendidikan formal maupun kesehatan di Indonesia masih kurang dan belum merata, di sisi lain terjadi tren peningkatan jumlah penduduk miskin yang disebabkan pandemi Covid-19," kata Ahmad saat peluncuran aplikasi e-services pendaftaran nazhir, Kamis (1/7)

Ia menambahkan, tingkat ketimpangan di Indonesia pada akhir tahun 2020 juga tergolong masih cukup tinggi yaitu sebesar 0,385. Maka dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat Covid-19, perlu melibatkan instrumen ekonomi dan keuangan syariah. Dalam hal ini wakaf memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan nasional. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA