Kamis 01 Jul 2021 13:49 WIB

‘Saatnya Suntikan Ketiga Vaksin Covid-19 untuk Nakes'

Suntikan ketiga vaksin Covid-19 sebagai booster untuk menambah imunitas.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita
Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena
Foto: Istimewa
Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena menilai perlunya ada perlindungan lebih kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Covid-19. Salah satunya dengan pemberian vaksin tahap ketiga bagi mereka untuk menambah imunitas. 

"Sudah saatnya para nakes diberikan booster ketiga vaksin, sehingga melindungi mereka dari dampak varian baru yang lebih ganas dan mengkhawatirkan," ujar Melki kepada wartawan, Kamis (1/7). 

Baca Juga

Menurutnya, para nakes saat ini sudah mengalami kelelahan berat dalam merawat pasien Covid-19 yang terus melonjak dalam beberapa hari terakhir. Komisi IX tak ingin para nakes justru juga menjadi korban pandemi Covid-19. 

"Perlu ada tempat khusus atau isolasi bagi nakes yang positif Covid atau yang perlu dirawat, sehingga nakes diprioritaskan untuk dapat tempat isolasi atau perawatan saat terkena Covid," ujar Melki. 

Insentif bagi para nakes juga perle segera dicairkan dan diberikan kepada mereka, sebagai bentuk suntikan semangat dalam penanganan pandemi Covid-19. Pemerintah pusat dan daerah perlu memastikan proses pendataan validasi dan pencairan insentif melalui proses yang  sederhana, mudah, dan cepat. 

"Tenaga cadangan nakes dari berbagai organisasi profesi dan lembaga pendidikan di bawah Kemenkes, Kemendikbud, pemda atau pihak swasta harus dikoordinir dengan baik oleh Kemenkes melalui PPSDM. Juga, dinkes provinsi dan dinkes kota kabupaten, sehingga beban kerja bisa dibagi secara proporsional," ujar Melki. 

Di samping itu, tetap perlu diperhatikan pasien-pasien lain yang tak terinfeksi Covid-19. Komisi IX tak ingin penanganan Covid-19 justru menelantarkan pasien lain yang mengidap penyakit lain. 

"Jangan sampai ada pasien Covid-19 atau penyakit lainnya tidak mendapat pelayanan kesehatan baik yang isolasi mandiri di rumah, isolasi terpusat atau dirawat di Faskes," ujar Melki. 

Dukungan alat kesehatan, seperti tabung oksigen, ventilator, dan obat-obatan yang dibutuhkan dalam mengobati pasien Covid-19 perlu diatur dengan baik. Sehingga nakes di lapangan bisa bekerja optimal membantu pasien Covid-19 yang dirawat.

"Alkes dan obat obatan untuk penyakit lainnya juga perlu tetap dipastikan tersedia. Untuk memastikan nakes juga tetap melayani pasien penyakit lainnya dengan baik," ujar Melki.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement