Kamis 01 Jul 2021 11:52 WIB

Nusa Mandiri Entrepreneur Center Sukses Gelar KUIS Virtual 

Acara ini sangat bagus untuk memotivasi peserta yang ingin memulai bisnis.

Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) menggelar kuis virtual, Senin (28/6).
Foto: Dok UNM
Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) menggelar kuis virtual, Senin (28/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Generasi muda saat ini  harus punya jiwa entrepreneur sejak dini. Apalagi mereka yang masih muda selalu penuh kreativitas dan inovasi. Jiwa entrepreneur mampu menopang perekonomian bangsa ini untuk tetap survive di tengah masa pandemi. 

Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar Kupas Tuntas Seputar Bisnis (KUIS) melalui lembaga Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC). Mengusung tema ‘Start Your Business with Best Plan’, acara itu  dilaksanakan  secara daring melalui zoom dan youtube, Senin (28/6), pukul 15.00-16.00 WIB.

Kegiatan webinar KUIS ini menjadi salah satu program dari NEC yakni Kopdar Bisnis Alumni. Kegiatan ini menghadirkan alumni Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang sudah sukses sebagai pengusaha yaitu Dede Nurahman merupakan co-founder Kebun Design.

Dede Nurahman memaparkan tentang pentingnya sebuah perencanaan bisnis. ”Yang paling penting dan sebagai identitas dari sebuah bisnis adalah brand. Seorang konsumen pasti akan mempertimbangkan kredibilitas dari penjual atau toko yang menjadi tujuannya,” kata Dede saat memaparkan materinya, Senin (28/6).

“Konsumen tidak mau sembarangan membeli produk dari perusahaan abal-abal. Oleh karena itu penting bagi bisnis untuk membuat identitas,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Pada kesempatan tersebut, Dede juga menjelaskan beberapa hal yang penting dalam membuat sebuah brand yang baik dan benar. Pertama harus tentukan target audiens, tentukan fokus dan karakteristik brand, tentukan nama brand, tentukan slogan brand, tentukan penampilan/gaya brand, desain logo brand dan kembangkan terus bisnisnya. 

“Peran komunikasi dalam brand tak hanya berguna untuk menjangkau lebih banyak konsumen, melainkan juga untuk menumbuhkan minat beli konsumen,” katanya.

Selain itu, untuk menguatkan nama brand-nya, perlu melakukan riset terhadap segmen pasarnya. “Sehingga,  UMKM dapat berkembang maju lebih besar dan bisa menopang perekonomian bangsa,” tegasnya.

Sementara itu, Muhammad Hilman, kepala Nusamandiri Entrepreneur Center (NEC) menyampaikan bahwa kegiatan KUIS ini sangat bagus untuk memotivasi peserta yang ingin memulai bisnis. “Agar siap memulai sebuah bisnis dengan sebuah perencanaan yang matang,” katanya.

“Karena dengan membuat perencanaan bisnis dapat membantu pelaku bisnis fokus pada tujuan awal bisnis sehingga dapat menguntungkan perusahaan ke depannya. Semoga peserta semakin luas wawasannya dan termotivasi dalam membuat perencanaan bisnis,” tutupnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement