Selasa 29 Jun 2021 18:07 WIB

6 Tips Membeli Motor Matic Baru

Selain lebih murah dari mobil, motor sangat akomodatif untuk berbagai keperluan

Tampilan Orisinal Honda Beat Street ESP pada peluncuran sepeda motor matik dengan konsep street style di Jakarta, (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Tampilan Orisinal Honda Beat Street ESP pada peluncuran sepeda motor matik dengan konsep street style di Jakarta, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Motor merupakan kendaraan yang masih banyak difavoritkan masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil, motor juga sangat akomodatif untuk berbagai keperluan. Dari bekerja, sekolah, hingga aktivitas rekreatif.

Belakangan, motor matic menjadi primadona dari segala jenis motor yang ada. Bukan tanpa sebab, kepraktisan, kelincahan, serta kecantikan tampilannya menjadi alasannya.

Anda tertarik untuk membeli motor matic? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jadikan patokan saat membelinya.

1. Tentukan jenis motor matic yang ingin dibeli

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan; tentukan jenis motor matic yang ingin Anda beli. Pastikan yang akan Anda beli ini sesuai dengan kebutuhan, pas dengan kemampuan, serta cocok di badan Anda. Jangan sampai Anda nantinya menyesal. Misalnya karena body motornya yang terlalu besar, sehingga tidak cocok dengan Anda yang bertubuh mungil. Atau yang lainnya.

2. Periksa detailnya

Setelah Anda menentukan jenis motor matic yang ingin Anda beli, tips selanjutnya adalah memeriksa detail motor matic tersebut. Detail ini bisa Anda baca dari website resmi produsen motor maticnya atau dari mana saja.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa detail penting mengenai motor matic.

Jika ingin memiliki motor matic yang hemat bahan bakar, Anda bisa memilih motor matic yang kapasitas mesinnya kecil dengan volume yang berkisar antara 108 cc sampai 110 cc. Misalnya saja motor-motor matic Honda. Dan memang, berdasarkan banyak penelitian, motor-motor matic Honda tidak boros. Apalagi keluaran terbarunya. Misalnya saja Honda Scoopy, Vario, Honda Beat 2021. Motor-motor ini cukup gesit akan tetapi konsumsi terhadap bahan bakarnya irit.

● Sekarang ini, tindak kriminal pencurian motor semakin sering. Nah, saat membeli motor matic, pastikan Anda memilih motor matic yang dilengkapi kunci antimaling ataupun kunci magnet otomatis.

● Untuk Anda yang ingin motor matic-nya bisa banyak bermanuver, lebih gesit, dan juga bisa lebih leluasa disaat jalan macet, Anda bisa memilih motor matic dengan body yang langsing.

● Anda yang ingin bisa lebih mudahkan dan lebih leluasa saat berkendara, pilihlah motor matic yang jarak antara jok dengan bodi depan dashboard-nya yang cukup luas.

● Motor matic pada umumnya memiliki bobot yang lebih berat, jika dibandingkan dengan motor bebek yang biasa. Nah, supaya Anda tidak gampang tergelincir, baik itu saat sedang parkir atau bahkan sedang terjebak macet di jalan yang sedikit menanjak, pilihlah motor matic yang menggunakan lock pada bagian rem-nya.

● Pilih motor matic yang produsennya menyediakan spare part yang lengkap, yang murah, yang awet, yang ramah lingkungan, dan yang mudah untuk didapatkan. Supaya jika motor Anda rusak, gampang diganti spare part tanpa harus pergi ke tempat yang jauh.

● Pastikan Anda beli motor matic Anda di dealer resmi. Tak harus langsung datang ke tokonya. Sekarang ini dealer resmi juga sudah banyak tokonya di marketplace. Salah satunya di Blibli. Jadi Anda bisa beli motor matic incaran Anda via Blibli.

3. Baca review dan lakukan test ride terlebih dahulu

Setelah menentukan jenis motor yang ingin Anda beli, kemudian sudah tahu detailnya, tips selanjutnya adalah membaca review dari para penggunanya, juga secara detail. Tentang segala sesuatunya. Anda bisa mencarinya di blog-blog otomotif, dari Youtube, atau malah dari teman Anda sendiri. Dari sini nanti Anda akan dapat gambaran seperti apa nantinya motor matic tersebut saat Anda pakai.

Jika mungkin, lakukan test ride terlebih dahulu. Hal ini malah akan menambah masukan bagi Anda di dalam memutuskan membeli atau tidak. Lalu bandingkan dengan hasil membaca review para blogger atau para Youtuber. Jika ada yang tidak pas atau hal yang Anda rasa kurang, Anda bisa mencari jenis motor matic lainnya untuk Anda beli.

4. Bandingkan harganya

Anda boleh saja sudah jatuh cinta dengan sebuah merek motor matic tertentu. Akan tetapi jangan sampai hal ini membuat Anda buta. Pastikan Anda menyesuaikan dengan budget yang Anda punya.

Harga motor baru juga di tiap dealer biasanya memang tidak banyak berbeda. Sebab produsen memang sudah mematok dari awal. Namun hal ini bukan berarti Anda bisa langsung beli. Ada baiknya Anda membandingkan terlebih dahulu dari satu dealer ke dealer yang lain. Ada kalanya juga dealer memberi diskon atau promo. Dan hal ini jelas bisa Anda gunakan untuk menghemat budget.

5. Teliti di dalam memilih cara pembayarannya

Saat hendak membeli motor, jika Anda memang sudah punya budgetnya, dan budget tersebut sesuai dengan harga motor yang akan Anda beli, akan lebih baik jika Anda membelinya secara tunai.

Akan tetapi jika Anda hendak membelinya dengan cara kredit, pastikan Anda teliti dengan jumlah cicilan per bulan dan juga bunganya. Jangan sampai memberatkan Anda. Akan lebih baik jika Anda mengeluarkan DP yang besar. Supaya cicilannya tidak terlalu berat per bulannya.

6. Asuransi, garansi, dan servis

Kendaraan baru biasanya memiliki jaminan asuransi, garansi, dan servis gratis. Pastikan Anda teliti juga dengan hal ini saat membeli motor matic baru Anda. Jangan sampai Anda lalai atau lupa. Sebab lumayan, hal ini bisa Anda gunakan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan khusus untuk servis, biasanya ini selama sekian bulan. Misalnya enam bulan. Lumayan juga, ini artinya Anda menghemat biaya servis selama enam bulan.

Itu dia enam tips membeli motor matic baru yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Pastikan Anda teliti dengan semuanya sebelum membeli. Semoga bermanfaat!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement