Senin 28 Jun 2021 14:24 WIB

Mobil Listrik UGM Raih Juara di PLN ICE 2021

UGM mempersiapkan perlombaan utama kami FSEV India 2021 dan FSAE Jepang.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim Arjuna UGM yang tampil dalam Formula SAE di Ecopa Stadium,  Jepang.
Foto: Dok UGM
Tim Arjuna UGM yang tampil dalam Formula SAE di Ecopa Stadium, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Tim Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyabet Juara I Desain Mobil PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE) 2021. Penghargaan ini diraih lewat kategori Electric Vehicle Design and Prototype Competition PLN ICE.

Ketua Departemen Mekanis Tim Arjuna, Zaky Fadlurrahman mengatakan, kategori lain ada Electronic & Electric Appliance Design & Prototype Competition, dan Business & Community Development Proposal Competition. Kompetisi diikuti 45 tim D3-S2 se-Indonesia.

Baca Juga

Dalam kompetisi ini, mereka mengusung konsep mobil listrik yang bernama Daruna, kependekan dari Arjuna untuk Indonesia. Kompetisi yang digelar PLN ini mendorong mahasiswa berinovasi kembangkan teknologi riset mobil listrik ramah lingkungan.

"Tim Arjuna UGM juga menguji kemampuan dan pengetahuan tim dalam teknologi mobil listrik, serta sistem pengembangan bisnis. Berkat dedikasi tim yang berkomitmen melakukan pengembangan inovasi riset mobil listrik bisa mencapai hasil terbaik," kata Zaky, Sabtu (26/6).

Ketua Tim Arjuna UGM Generasi 9, Inherenta Muhammad Amarutsli menuturkan, mereka memiliki visi menjadi salah satu tim formula mahasiswa terbaik Asia. Karenanya, tim terus melakukan kerja inovatif dan aktif dalam perlombaan berbasis riset.

"Berkat hasil positif dari lomba ini membuat kami semakin memantapkan diri untuk mempersiapkan perlombaan utama kami di FSEV India 2021 dan FSAE Jepang mendatang," ujar Inherenta.

Inherenta menegaskan, tim akan terus lakukan evaluasi pengembangan mobil listrik generasi selanjutnya. Keikutsertaan ini juga pembuktian generasi muda Indonesia siap menghadapi 4.0, terutama dalam teknologi mobil listrik ramah lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement