Friday, 25 Jumadil Akhir 1443 / 28 January 2022

Mengapa Disunnahkah Baca Al Ikhlas 1000 Kali Hari Arafah?

Senin 28 Jun 2021 09:46 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Jamaah haji dan umat Islam disunnahkan membaca doa saat Hari Arafah. Jamaah haji melakukan wukuf di Arafah.

Jamaah haji dan umat Islam disunnahkan membaca doa saat Hari Arafah. Jamaah haji melakukan wukuf di Arafah.

Foto: Arabnews.com
Jamaah haji dan umat Islam disunnahkan membaca doa saat Hari Arafah

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA— Hari Arafah merupakan ritual puncak ibadah haji yang paling utama karena di dalamnya ada ampunan dosa. Keutamaan hari Arafah akan semakin bertambah jika terjadi pada hari Jumat. 

"Keistimewaan tersebut semakin sempurna manakala hari Arafah itu bertepatan dengan  Jumat," kata KH Ahmad Chodri Romi dalam bukunya 'Ensiklopedia Haji dan Umrah'. 

Baca Juga

Imam Nawawi mengatakan, dikatakan, bahwa apabila hari Arafah itu bertepatan dengan hari Jumat, maka dosa-dosa yang melakukan wukuf pada hari itu diampuni. Untuk itu perbanyaklah dzikir dan doa pada hari Arafah.

"Pada waktu kita wukuf di Arafah, sangat dianjurkan membaca dzikir dan doa juga membaca Alquran khususnya surat Al Ikhlas," katanya.

Selain itu, terdapat sebuah riwayat menyatakan keutamaannya. Rasulullah SAW bersabda: 

من قرأ قل هو الله أحد ألف مرة يوم عرفة أعطي ما سأل 

“Barangsiapa membaca surat Al Ikhlas 1.000 kali pada hari Arafah, akan dikabulkan seluruh permintaannya.” (HR Ahmad bin Hanbal dari Ibnu Abbas).

Untuk itu Kiai Ahmad mengingatkan jamaah agar jangan lupa memohon ampun kepada Allah SWT atas noda dan dosa dosa di masa lalu, dan juga memohonkan ampunan untuk kedua orang tua, keluarga, dan seluruh kaum Muslimin. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah RA Rasulullah SAW bersabda: 

 اللَّهُمَّ اغفِر للحاجِّ ولمن استغفر له الحاجُّ "Ya Allah ampunilah dosa-dosa yang beribadah haji, dan orang-orang yang dimintakan ampun oleh orang yang naik haji." (HR Baihaqi dan disahihkan Al Hakim).

"Bertolak dari hadits tersebut maka sangat dianjurkan kepada para penjemput, para tamu yang datang berziarah, untuk meminta didoakan jamaah haji yang baru datang itu, karena doa mereka mustajab," katanya.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA