Senin 28 Jun 2021 01:08 WIB

Ceko Singkirkan Belanda di Babak 16 Besar Euro 2020

Belanda bermain dengan 10 orang pemain pada babak kedua setelah De Ligt dikartu merah

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tomas Holes (tengah) dari Republik Ceko merayakan gol pembuka pada pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Republik Ceko di Budapest, Hongaria, 27 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Alex Pantling
Tomas Holes (tengah) dari Republik Ceko merayakan gol pembuka pada pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Republik Ceko di Budapest, Hongaria, 27 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Ceko berhasil menjegal langkah Belanda di babak 16 besar Euro 2020. Dua gol, yang masing-masing dicetak Tomas Holes dan Patrick Schick, mengantarkan Ceko membungkam Belanda, 2-0, dalam laga yang digelar di Stadion Puskas Arena, Budapest, Senin (28/6) dini hari WIB.

Begitu wasit meniup peluit tanda laga dimulai, kedua tim langsung saling melancarkan serangan. Peluang emas pertama buat Belanda datang pada menit ke-12 lewat sepakan Denzel Dumfries. Namun, bola sepakan Dumfries itu masih bisa dihalau oleh Tomas Kalas.

Pada menit ke-22, giliran Ceko yang mendapatkan peluang emas. Umpan lambung yang dilepaskan Petr Sevclik berhasil disambut oleh Tomas Soucek. Namun, sundulan gelandang bertahan West Ham itu masih belum menemui sasaran.

Secara keseluruhan, laga pada babak pertama berlangsung begitu terbuka. Ceko, yang tidak diunggulkan, justru mampu menyulitkan pertahanan timnas Belanda. Di sisi lain, Tim Oranye masih belum menemukan celah di lini belakang Ceko. Skor, tanpa gol, akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Petaka buat Tim Oranje datang pada menit ke-55. Tim besutan Frank de Boer itu terpaksa bermain dengan 10 pemain usai kartu merah yang diterima Matthijs de Ligt. Wasit mengusit bek tengah Juventus itu lantaran dinilai secara sengaja menghentikan laju bola dengan menggunakan tangan.

Ceko pun coba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Tim besutan Jaroslav Silhavy itu terus menekan pertahanan Belanda. Upaya Ceko itu akhirnya berbuah maksimal.

Pada menit ke-68, atau 13 menit setelah kartu merah De Ligt, Ceko berhasil merobek gawang Belanda. Berawal dari sepak pojok, Tomas Holes mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang bertahan Ceko itu menyambut umpan sundulan yang didapatkan oleh Tomas Kalas dari sepakan penjuru.

Belanda pun langsung bereaksi pascatertinggal satu gol. Namun, berbagai upaya Tim Oranje untuk bisa kembali mengendalikan permainan selalu kandas di lapangan tengah.

Saat laga memasuki 10 menit akhir, Ceko justru mampu menambah keunggulan lewat torehan Patrick Schick.  Gol mantan penyerang AS Roma ini berawal dari umpan lambung yang dilepaskan oleh penjaga gawang, Tomas Vaclik.

Holes yang menerima umpan dari Vaclik itu langsung mendapatkan ruang di lini belakang Belanda. Holes kemudian melepaskan umpah tarik ke kotak penalti, yang langsung disambar Schick. Bola pun bersarang di pojok kanan bawah gawang Belanda, tanpa bisa diduga oleh kiper Belanda, Marten Stekelenburg.

Keunggulan dua gol hingga menit ke-80 seolah sudah menempatkan satu kaki Ceko di babak perempat final. Hingga laga usai, skor, 2-0, untuk keunggulan Ceko pun tetap bertahan.

Dengan keberhasilan membungkam Belanda, Ceko berhak melangkah ke babak perempat final. Di delapan besar, Ceko akan berhadapan dengan Denmark, yang sukses menyingkirkan Wales lewat kemenangan, 4-0, Ahad (27/6) dini hari WIB.

Susunan Pemain:

Belanda (3-4-1-2)

Pelatih: Frank de Boer

Kiper: Stekelenburg

Belakang: De Vrij, De Ligt, Blind

Tengah: Dumfries, De Jong, De Roon, Aanholt; Wijnaldum

Depan: Depay, Malen

Republik Ceko (4-2-3-1)

Pelatih: Jaroslav Silhavy

Kiper: Vaclik

Belakang: Kaderabek, Kalas, Celustka, Coufal

Tengah: Soucek, Sevclik; Barak, Holes, Masopust

Depan: Schick

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement