Ahad 27 Jun 2021 13:45 WIB

Nabi Muhammad SAW Mirip Nabi Ibrahim AS

Pada peristiwa Isra Miraj, Nabi Muhammad bertemu sejumlah Nabi.

Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, Jibir Radhiallahu Anhu menyatakan, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam bersabda,"Para Nabi pernah diperlihatkan kepadaku. Aku melihat Musa Alaihi Salam mirp dengan Syanuah (Nama kabilah di Yaman) yang berpostur tegap. Aku melihat Isa ibnu Maryam Alaihi Salam ternyata mirip Urwah ibnu Masud. Dan aku melihat Ibrahim Alaihi Salam yang mirip dengan orang yang bersama kalian ini (Rasulullah SAW sendiri). Kemudian aku melihat Jibril Alaihi Salam yang mirip dengan dihyah."HR Muslim, Tirmidzi, dan Ahmad).

Syanuah adalah nama kabilah di Yaman yang orang-orangnya memiliki bentuk tubuh yang tegap, tidak terlalu gemuk dan kurus. 

Baca Juga

Sementara, Urwah bin Masud adalah lelaki yang dikirim kaum Quraisy untuk menemui Rasulullah saat perjanjian Hudaibiyah. Ia masuk Islam pada tahun kesembilan hijriah.

Dihyah al-Kalbi adalah seorang sahabat yang selalu berperang bersama Rasulullah SAW. Setelah perang Khaibar, ia turut dalam peristiwa Baitur Ridhwan. Ia pula diutus Rasulullah menemui Kaisar Heraklius. Malaikat Jibril kerap menemui Rasulullah SAW dengan menyerupai wajah Dihyah.

 

(Sumber: Kepribadian dan Gaya Hidup Muhammad, Abdullah bin Abdul Hamid)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement