Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Presiden Termiskin di Dunia Pakai VW Kodok untuk Mobil Dinas

Jumat 25 Jun 2021 19:27 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Presiden Uruguay (2010-2015) Jose Mujica menggunakan VW Beetle untuk kendaraan dinas.

Presiden Uruguay (2010-2015) Jose Mujica menggunakan VW Beetle untuk kendaraan dinas.

Foto: ap
VW Beetle sempat jadi kendaraan kepresidenan Uruguay.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTEVIDEO—Mobil presiden identik dengan sebuah mobil mewah yang mahal, canggih, memiliki kabin lapang dengan beragam perangkat keamanan. Tapi rupanya, Volkswagen (VW) Beetle atau VW Kodok juga sempat jadi kendaraan kepresidenan.

Ini tentu merupakan hal yang cukup unik. Mengingat, VW Kodok merupakan mobil dua pintu yang berukuran cukup kecil dengan mesin 1,3 liter. Tapi rupanya mobil itu sempat dijadikan mobil presiden untuk menunjukan kesederhanaan sang pimpinan negara.

Baca Juga

Dikutip dari Car Advide pada Jumat (25/6), negara yang sempat menggunakan VW Kodok sebagai mobil presiden adalah Uruguay. Mobil tersebut digunakan pada 2010 hingga 2015 selama masa kepemimpinan Jose Mujica.

Mujica memang dikenal sebagai presiden yang sangat sederhana. Bahkan, 90 persen gajinya juga disumbangkan untuk kegiatan sosial.

VW Kodok yang ia gunakan itu pun bukan kendaraan milik negara. Mobil lansiran 1987 itu merupakan mobil pribadinya yang juga merupakan satu-satunya aset milik Mujica.

Karena bangku belakang pada mobil itu berukuran kecil, Mujica juga tak memilih untuk duduk di bangku belakang sepertii presiden pada umumnya. Sehari-hari, ia lebih memilih untuk duduk di bangku depan dan mengemudikan mobil tersebut.

Hal itu pun membuat VW Kodok miliknya dianggap jadi salah satu VW paling bersejarah. Sampai-sampai, seorang tokoh Arab Saudi sempat akan membeli mobil itu dengan nilai 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA