Wagub: Penanganan Covid-19 Berjalan Meski Gubernur Terpapar

Red: Muhammad Fakhruddin

Wagub: Penanganan Covid-19 Berjalan Meski Gubernur Terpapar. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.
Wagub: Penanganan Covid-19 Berjalan Meski Gubernur Terpapar. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. | Foto: Antara/Zabur Karuru

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan proses penanganan dan upaya pengendalian penyebaran COVID-19 di daerah ini tetap berjalan meski Gubernur Khofifah Indar Parawansa terpapar virus corona.

"Penanganan COVID-19 di seluruh Jatim tetap sesuai prosedur," ujarnya kepada wartawan di sela menerima paket bantuan untuk kebutuhan pasien COVID-19 dari pengusaha Alim Markus di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat sore (25/6).

Menurut dia, kejadian serupa sempat terjadi pada awal Januari 2021 yang saat itu kasus COVID-19 juga sedang tinggi sehingga berkaca dari pengalaman tersebut diyakini penanganan dan kinerja pemerintahan di Jatim tetap berjalan lancar. "Pengalaman awal tahun lalu, bahkan ibu Gubernur terpapar saat itu dan menjalani isolasi mandiri. Tetapi penanganan semuanya berjalan sesuai prosedur dan lancar," ucapnya.

Pada Jumat (25/6) pagi, Gubernur Khofifah Indar Parawansa dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menerima hasil tes usap PCR yang dilakukan Kamis (24/6) malam. Dalam agenda menghadiri prosesi serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tuban di Tuban, Gubernur Khofifah hanya menyampaikan arahan dan sambutan melalui virtual.

Wagub Jatim mengaku terus berkoordinasi dan hingga saat ini kondisi kesehatan Gubernur Khofifah tetap stabil karena berstatus orang tanpa gejala.Bahkan, kata Emil Dardak, sejumlah agenda yang mengharuskan gubernur hadir akan diikuti meski secara virtual dan tetap dalam pantauan tim kesehatan.

"Mohon doanya rekan-rekan wartawan, termasuk kepada masyarakat Jatim agar ibu Gubernur segera negatif COVID-19," kata orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, hasil positif COVID-19 telah diumumkan oleh Gubernur Khofifah melalui akun Instagram pribadi miliknya @khofifah.ip. Ia memastikan saat ini kondisi kesehatannya baik dan tidak menunjukkan gejala apa pun.

Bahkan, tingkat antibodinya dinyatakan cukup tinggi oleh Tim Laboratorium RSUD dr. Soetomo. "Saya tertular COVID-19 meski dokter menyatakan tingkat antibodi mencapai 275 U/ml, yang artinya sudah cukup tinggi untuk mencegah gejala COVID-19 berat," ucap Khofifah.

"Meski tanpa menujukkan gejala apa pun, saya akan tetap mengikuti prosedur kesehatan berlaku untuk melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif COVID-19," kata Khofifah.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Positive Rate Kasus Covid-19 di Kota Cirebon Capai 56 Persen

Iran dan Kuba Bikin Vaksin Sendiri, Dradjad: Malu Kita

Rektor IPB Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19

GeNose C19, Inovasi Anak Bangsa Bantu Warga Tegakkan Prokes

Betapa Berharganya Oksigen di Tengah Pandemi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark