Jumat 25 Jun 2021 18:36 WIB

Pertamina Dorong Implementasi ESG Demi Program Berkelanjutan

Sebagai tanggung jawab ESG, Pertamina terbitkan Laporan Berkelanjutan sejak 2011

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga menjelaskan bahwa secara bertahap dan konsisten seluruh entitas Pertamina Grup telah menerapkan program yang mendukung agenda ESG.
Foto: istimewa
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga menjelaskan bahwa secara bertahap dan konsisten seluruh entitas Pertamina Grup telah menerapkan program yang mendukung agenda ESG.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya Pertamina mendorong implementasi bisnis yang memberikan dampak berkelanjutan bagi aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan mendapat dukungan penuh dari pemegang saham dan sejalan dengan kebutuhan investor global. 

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Perusahaan akan pelaksanaan ESG, Pertamina telah menerbitkan Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan yang dapat diakses oleh publik sejak tahun 2011. Dan untuk memperkuat komitmen tersebut, Pertamina telah meluncurkan program ESG Traction pada tahun 2020.

Dalam momentum Pertamina Investor Day 2021 kemarin (23/6), Wakil Menteri BUMN Pahala N Masyuri menyampaikan dukungan Pemerintah atas langkah Pertamina yang secara simultan menyelaraskan bisnis dengan Environment, Social and Governance (ESG). 

“Semoga semua inisiatif ini akan membuahkan hasil dalam rangka pengembalian investasi bagi shareholders dan investor Pertamina,” ucap Pahala.

Pada kesempatan temu investor 2021 ini, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga menjelaskan bahwa secara bertahap dan konsisten seluruh entitas Pertamina Grup telah menerapkan program yang mendukung agenda ESG.

Di bidang lingkungan, Pertamina menyadari bahwa tantangan yang dihadapi perusahaan terkait lingkungan karena penggunaan sumber daya alam yang menimbulkan polusi dan membutuhkan pengelolaan limbah.

Untuk itu, perusahaan bergerak untuk mengatasi perubahan iklim, mengurangi jejak karbon yang ada di lingkungan sebagai dampak konsumsi dan intensitas energi, serta melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati di setiap wilayah operasi perusahaan.

“Tahun 2020, Pertamina telah berhasil menurunkan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 27 persen (dibandingkan 2010). Ke depan, perusahaan menargetkan peningkatan target penurunan GRK menjadi 30 persen pada tahun 2030 melebihi komitmen Indonesia dalam pengurangan emisi sebagaimana yang termuat dalam Paris Agreement,” ungkap Nicke Widyawati.

Lalu, dalam bidang sosial, lanjut Nicke, Pertamina terus meningkatkan dan memperkuat kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja (Health and Safety) dalam upaya mencapai zero incident di masa depan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement