Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

6 Tips melakukan reschedule interview

Olahraga | Thursday, 24 Jun 2021, 11:17 WIB
www.ekrut.com

Wawancara kerja atau interview merupakan proses saling bertukar informasi antara interviewer dan interviewee. Tahap interview dapat dibilang menjadi salah satu tahapan penting dalam proses rekrutmen.

Nah, tapi ada kalanya jadwal interview yang ditawarkan bentrok dengan keperluan mendadak yang tidak bisa ditinggalkan. Kalau sudah mengalami situasi seperti itu, pasti mau tidak mau kita harus melakukan reschedule walaupun reschedule tidak begitu disarankan.

Berikut tips agar email reschedule kamu terkesan lebih profesional

1. Informasikan sesegera mungkin

Dengan mengirimkan email permohonan reschedule sesegera mungkin, pastinya citramu akan semakin baik juga dimata perekrut. Ada baiknya kamu mengirimkan email paling tidak beberapa hari sebelum jadwal interview yang telah kalian sepakati.

2. Tunjukan antuasiasme

Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang menunjukan antusiasme tinggi. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa kamu tidak main-main dengan proses rekrutmen ini dan masih sangat bersemangat dan antuasias untuk menjalankan interview.

3. Berikan alasan yang jelas

Sampaikanlah alasanmu untuk melakukan reschedule yang to the point dan jelas. Contoh alasan yang bisa kamu sampaikan adalah kamu sedang sakit, berada di kondisi yang emergency, kendaraan mogok sehingga harus ditinggal di bengkel, ataupun jadwal pekerjaanmu tiba-tiba berubah. Kamu juga bisa memberikan alasan lainnya yang tentunya masuk akal dan lugas.

4. Tawarkan alternatif waktu lain

Dengan memberikan alternatif waktu atau range hari yang pasti bisa kamu hadiri, pihak rekruter pastinya merasa mendapatkan kejelasan dan melihat bahwa kamu juga berupaya untuk memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi.

5. Minta maaf dan berterimakasih

Ungkapkanlah rasa maafmu atas ketidaknyamanan yang terjadi dan jangan lupa sampaikan juga rasa terimakasihmu atas pengertian yang sudah diberikan oleh perekrut. Hal tersebut akan menonjolkan sifat rendah hatimu.

6. Baca ulang isi email

Sebelum mengirimkannya kepada perekrut, cek terlebih dahulu dengan membaca ulang email tersebut. Apakah ada kesalahan penulisan nama, pengejaan kata, tata letak atau tidak. Dengan melakukan hal ini, kamu menunjukan keseriusanmu yang begitu besar dalam menjalani proses rekrutmen dengan perusahaan tersebut.

Selain tips melakukan reschedule interview, ketahui juga 4 contoh email reschedule interview yang profesional melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image