Kamis 24 Jun 2021 14:49 WIB

Ribuan Warga Sukabumi Datangi Tiga Lokasi Vaksinasi

Dinkes Kota Sukabumi akan menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi pada Sabtu (26/6).

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Warga Kota Sukabumi cukup antusias mengikuti vaksinasi massal di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Rabu (23/6).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Warga Kota Sukabumi cukup antusias mengikuti vaksinasi massal di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Rabu (23/6).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Upaya vaksinasi massal kepada warga di atas usia 18 tahun ke atas terus digencarkan di Kota Sukabumi. Pada Kamis (24/6) vaksinasi Covid digelar di tiga titik berbeda yakni Citimall, Ramayana, dan Alun-Alun Kota Sukabumi.

Di tiga lokasi ini animo warga untuk divaksin sangat tinggi dan melebihi target yang ditetapkan.'' Pemahaman warga terkait vaksinasi sudah makin membaik,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsih kepada wartawan di lokasi vaksinasi Citimall Sukabumi.

Tingginya animo warga juga didukung aparat Polres Sukabumi Kota dan Kodim 0607 Kota Sukabumi. Keberadaan petugas ini untuk bisa memperluas layanan vaksinasi serta didukung pula manajemen pusat perbelanjaan.

Rita mengatakan, pada Kamis ini vaksinasi massal digelar di tiga tempat berbeda. Dari pantauan di lapangan di setiap lokasi animo warga untuk divaksin tinggi.

''Di Citimall dari awal target 500 orang, namun melihat antusias ditambah jadi 100 orang sehingga menjadi 600 orang,'' kata Rita. Hal serupa juga berlangsung di dua lokasi lainnya yakni Ramayana dan Alun-Alun Sukabumi.

Rita mengungkapkan, target warga yang divaksin di lokasi pusat perbelanjaan atau keramaian hanya setengah di sentra vaksinasi Gedung Juang yanh bisa 2 ribu orang per hari. Sebab di tempat keramaian lokasi ruangan terbatas untuk menggelar vaksinasi.

Vaksinasi ini kata Rita beriringan dengan momen Hari Bhayangkara. Selanjutnya dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75, Polres Sukabumi Kota bersama Dinas Kesehatan Kota Sukabumi akan menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi pada Sabtu (26/6).

Gebyar vaksinasi ini akan dilakukan di empat titik, yakni Gedung Juang 45, Gedung Korpri Lembursitu, SMAN 1 Sukabumi, Satpas Sat Lantas (Warudoyong). Target sasaran yang divaksin di setiap titik sebanyak 1.000 orang sehingga pada Sabtu nanti ada 4.000 lebih orang warga yang divaksin.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan, gerakan vaksinasi massal ini dilakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi terhadap warga Sukabumi. '' Vaksinasi ini diberikan gratis kepada warga dalam momen Hari Bhayangkara,'' kata dia.

Salah seorang warga penerima vaksin Yusuf (30 tahun) yang bekerja di sebuah toko pakaian mengatakan, upaya vaksinasi ini sangat membantu warga khususnya pekerja. '' Harapannya vaksin bisa tersebar luas ke seluruh warga secara menyeluruh,'' kata dia.

Sehingga terang Yusuf, Sukabumi dan umumnya Indonesia bisa pulih dari pandemi. Ia mengatakan vaksinasi ini dinilai efektif dalam mencegah penyebaran Covid.

Warga lainnya Widi (26) mengatakan, dengan naiknya kasus Covid akhir-akhir ini ia merasa khawatir dan berkeinginan untuk divaksin. '' Alhamdulillah Kota Sukabumi membuka vaksinasi untuk wargabm di atas usia 18 tahun sehingga langsung daftar,'' cetus dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement