Disnakerperin Surakarta Fasilitasi IKM Supaya Mendunia

Red: Muhammad Fakhruddin

Disnakerperin Surakarta Fasilitasi IKM Supaya Mendunia (ilustrasi).
Disnakerperin Surakarta Fasilitasi IKM Supaya Mendunia (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Surakarta, Jawa Tengah, berupaya memfasilitasi industri kecil dan menengah (IKM) supaya mendunia sehingga pangsa pasar dapat makin luas.

"Salah satu upaya yang kami lakukan adalah selama 2 hari ini menyelenggarakan kegiatan sosialisasi perizinan dan legalitas industri," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta Agus Sutrisno di sela acara bertema "Menguatkan Legalitas Industri Go Internasional" di Solo, Rabu (23/6).

Agus Sutrisno menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan memfasilitasi peningkatan kapasitas kelembagaan dan sumber daya industri. Ia berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi pelaku IKM untuk dapat memahami dan siap memenuhi kewajiban perizinan dan legalitas industri.

Selanjutnya, upaya ini bisa memantapkan pelaku IKM agar lebih berdaya saing dan menembus pasar global serta mampu untuk menjadi bagian dari pelaku ekspor. Dengan pemahaman pelaku usaha terkait dengan ekspor yang makin meningkat, kata dia, produktivitas mereka juga akan makin tinggi.Selain itu, kemampuan para pelaku IKM di Solo juga makin tinggi karena mereka akan merintis perluasan pasar ekspor.

Plt. Kadisnakerperin mengatakan bahwa upaya tersebut sejalan dengan langkah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surakarta dalam rangka mendorong ekonomi kreatif yang diproduksi oleh pelaku usaha lokal mampu menembus pasar internasional. 

Ketua Dekranasda Kota Surakarta Selvi Ananda mengatakan bahwa kemampuan dan keterampilan tersebut terutama terkait dengan masalah pasar, termasuk manajemen usaha, pembiayaan usaha, dan kemitraan usaha."Ini dapat diatasi dengan memaksimalkan jejaring e-commerce dalam memperluas jangkauan pangsa pasar," katanya.

Oleh karena itu, dia berharap dukungan semua pihak untuk bersinergi dalam memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi tumbuhnya industri kreativitas di Kota Surakarta.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kemenperin Dukung IKM Berdaya Saing dan Orientasi Lingkungan

Airlangga Tegaskan Komitmen Pemerintah Lindungi IKM

Menperin: Festival Joglosemar Tingkatkan Jumlah IKM

Garap T18000, United Bike Gandeng IKM Bimbingan Kemenperin

Kemenperin Dorong IKM Jualan di Marketplace

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark