Disnakertrans Jateng Instruksikan Perusahaan Ketatkan Prokes

Red: Muhammad Fakhruddin

Disnakertrans Jateng Instruksikan Perusahaan Ketatkan Prokes (ilustrasi).
Disnakertrans Jateng Instruksikan Perusahaan Ketatkan Prokes (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Fikri Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah menginstruksikan seluruh perusahaan di 35 kabupaten/kota agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah bertambahnya jumlah kasus COVID-19.

"Terutama untuk perusahaan-perusahaan padat karya yang memiliki banyak pekerja, harus menerapkan prokesketat, salah satunya dengan mengatur jam kerja," kata Kepala Disnakertrans Jateng Sakina Roselasari di Semarang, Rabu.

Ia menyebutkan jajarannya langsung melakukan pengecekan ke perusahaan-perusahaan terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan sejak terjadi peningkatan kasus COVID-19 di sejumlah wilayah.

Menurut dia, terdapat 8.471 perusahaan di kabupaten/kota se-Jateng yang telah dilakukan pemeriksaan berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

Saat ini, para karyawan di bagian administrasi atau bukan produksi, lanjut dia, diminta bekerja di rumah, sedangkan untuk pekerja di bagian produksi, dilakukan pembagian jam kerja untuk pengaturan jumlah pekerja dan menghindari kerumunan.

"Perusahaan sudah menerapkan protokol kesehatan itu, cuma mobilisasi dari pekerja yang perlu diperhatikan. Nah itu kami mengharapkan dengan protokol kesehatan yang ketat tetap harus ada kewaspadaan terkait dengan varian baru," ujarnya.

Selain itu, perusahaan juga berkewajiban melindungi pekerjanya dari paparan COVID-19 dengan pembagian jam kerja lebih maksimal tanpa merugikan perusahaan sebab perusahaan juga sudah terikat perjanjian dengan calon pembeli dalam pemenuhan produksinya.

"Jadi tidak perlu sampai menutup perusahaan, karena mereka tentunya sudah ada ikatan kontrak dengan klien, tapi sebisa dan semaksimal mungkin protokol kesehatan harus dijaga dan ditaati bersama," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kasus Covid Tinggi, Warga Sleman Diminta Waspada

Ulama: Perketat Prokes Saat Sholat Jumat, Bukan Ditiadakan

Daerah Harus Perketat Pengawasan Pasar dan Restoran

Kita tidak Sedang Baik-Baik Saja

Tutup Tempat Wisata dan Hiburan!

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark