Rabu 23 Jun 2021 22:17 WIB

Madura United Matangkan Pemain Multiposisi Jelang Liga 1

Keberadaan pemain serba bisa di setiap tim sangat penting sebagai opsional.

Pesepak bola asing baru Madura FC United (MUFC) Rafael Silva (kanan) mengikuti latihan perdana di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan  Pamekasan, Jawa Timur, Senin (14/6/2021).  Pemain berkebangsaan Brasil yang berposisi sebagai penyerang itu diharapkan dapat menambah daya gedor MUFC sekaligus melengkapi kuota pemain asingnya  guna menatap Liga 1 bulan Juli mendatang .
Foto: ANTARA/Saiful Bahri
Pesepak bola asing baru Madura FC United (MUFC) Rafael Silva (kanan) mengikuti latihan perdana di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan, Jawa Timur, Senin (14/6/2021). Pemain berkebangsaan Brasil yang berposisi sebagai penyerang itu diharapkan dapat menambah daya gedor MUFC sekaligus melengkapi kuota pemain asingnya guna menatap Liga 1 bulan Juli mendatang .

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Madura United tengah mematangkan sejumlah pemain yang multiposisi atau serba bisa bermain di sejumlah posisi sebagai persiapan menjelang kompetisi Liga 1 2021.

Manajer Madura United Rahmad Darmawan menyebutkan sejumlah pemain yang kemungkinan bisa difungsikan adalah Alfin Tuasalamony, Guntur Ariyadi, Kadek Raditya Maheswara, dan Novan Sasongko. "Bagusnya, di tim ini terdapat beberapa pemain yang bisa bermain di beberapa posisi," kata RD, sapaan karibnya, Rabu (23/6).

Dijelaskannya, keberadaan pemain serba bisa di setiap tim sangat penting sebagai opsional dan alternatif saat menemui kendala, seperti pemain yang terkena akumulasi kartu kuning ataupun diganjar kartu merah, terbekap cedera, atau tengah berhalangan, seperti mendapat panggilan tim nasional (timnas).

Alfin, kata dia, bisa bermain di fullback, winger, hingga gelandang serang, Guntur sudah terbukti selama lima tahun di Madura United bisa diplot aneka macam posisi di lini pertahanan, yakni fullback, stoper, hingga gelandang bertahan, sementara Novan bisa menempati posisi fullback kanan dan kiri. "Kondisi ini bisa membantu tim, tinggal mematangkan agar siap diturunkan di posisi mana saja," ujarnya.

 

Persiapan lainnya, RD mengatakan sebagaimana tim lain, seperti mematenkan komposisi, mempersiapkan taktik, fisik, dan psikologi.

Sementara itu, bek muda Kadek yang baru dicoba bermain sebagai stoper menyebutkan sejatinya dirinya bisa bermain di posisi fullback. "Bisa dan siap jika memang oleh tim dibutuhkan di posisi fullback ataupun bek," tutup Kadek.

Pelaksanaan gelaran Liga 1 2021 sebagai kompetisi domestik tertinggi Indonesia itu tinggal menghitung hari, yakni dimulai 10 Juli mendatang sesuai yang dijadwalkan.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement