Rabu 23 Jun 2021 16:50 WIB

FLU V Uhamka Ajak Pelajar dan Mahasiswa Melek Digital

Segala hal saat ini mesti ditunjang dengan kemampuan digital.

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Hima PBSI) FKIP Uhamka mwnggelar  Festival Literasi Uhamka Jilid V (FLU V) dengan tema “Generasi Muda yang Kreatif dan Berbudaya di Era Digitalisasi”.
Foto: Dok Uhamka
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Hima PBSI) FKIP Uhamka mwnggelar Festival Literasi Uhamka Jilid V (FLU V) dengan tema “Generasi Muda yang Kreatif dan Berbudaya di Era Digitalisasi”.

REPUBLIKA.CO, JAKARTA -– Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Hima PBSI) FKIP Uhamka aktif menggalakkan kegiatan literasi. Salah satunya adalah  menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi Uhamka Jilid V (FLU V) dengan tema “Generasi Muda yang Kreatif dan Berbudaya di Era Digitalisasi” secara daring atau virtual. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada  Ahad (23/5) lalu. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas generasi muda dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dan meningkatkan minat literasi pada masyarakat khususnya pada generasi muda,” kata Wakil Ketua Umum Hima PBSI Syifa Fauziah Anwar dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (21/6).

Ia menambahkan, ada berbagai kegiatan yang diadakan dalam acara ini. Kegiatan tersebut berupa beberapa macam lomba seperti cipta puisi, lomba cipta cerpen, dan lomba musikalisasi puisi yang dilaksanakan mulai tanggal 19 April 2021 sampai 19 Mei 2021.

FLU V tidak hanya menyelenggarakan perlombaan semata, tapi juga dimeriahkan dengan diskusi sastra pada kegiatan Bincang Sastra “Perkembangan Budaya Menulis Sastra di Era Digitalisasi”. Bincang Sastra FLU Jilid V menghadirkan dua narasumber, yaitu Lambertus Berto Tukan sebagai penulis lepas dan Ahmad Nur Fauzi sebagai mahasiswa FKIP Uhamka dan penulis. 

Puncak dari FLU Jilid V, yaitu Webinar Nasional “Pengembangan Literasi di Era Digitalisasi” secara virtual dengan narasumber Dr  Muh Abdul Khak  MHum sebagai kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra serta Okky Puspa Madasari yang merupakan seorang novelis, esais, kolumnis berbagai media.

Syifa mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan budaya literasi di era digital. Dia berharap, dengan adanya FLU V ini mahasiswa dan pelajar makin melek digital.“Semoga dengan adanya kegiatan Festival Literasi Uhamka ini dapat mengembangkan literasi yang ada di Indonesia melalui media digital yang sudah sangat ramai sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Uhamka Prof Prima Gusti Yanti mengatakan, segala hal saat ini mesti ditunjang dengan kemampuan digital. Bahkan, kata dia, Prodi PBSI Uhamka sudah menjajaki literasi digital dalam kurikulum perkuliahannya.

“Memang kalau kita bicara sekarang mau tidak mau kita harus selalu mengaitkan segala sesuatu dengan era digital.  Bukan hanya sastra,  bukan hanya bahasa, kurikulum kita kaitkan dengan era digital, kemudian dengan era digital ini program studi sudah bergerak ke arah situ,” kata Prima dalam sambutannya.

Wakil Dekan III FKIP Uhamka Hari Naredi berharap dalam kegiatan-kegiatan akademis, mahasiswa semakin kritis, kreatif, dan inovatif mendapatkan beragam pengetahuan di luar perkuliahan. “Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan Hima  PBSI ini yang senantiasa melahirkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi,” kata Hari.

Selain itu, dalam FLU V juga digelar berbagai mata lomba. Dalam webinar nasional, diumumkan juara lomba yang diikuti oleh siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan universitas. Di pengujung acara, panitia juga menampilkan video musikalisai karya peserta lomba sebagai bentuk apresiasi atas partisipasinya mengikuti lomba dalam kegiatan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement