Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

8 Fakta Terkait Sosok Utsman bin Affan Menantu Rasulullah

Rabu 23 Jun 2021 16:31 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Utsman bin Affan merupakan sosok teladan sahabat Nabi Muhammad.(ilustrasi) utsman bin affan

Utsman bin Affan merupakan sosok teladan sahabat Nabi Muhammad.(ilustrasi) utsman bin affan

Foto: tangkapan layar wikipedia
Utsman bin Affan merupakan sosok teladan sahabat Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,  — Meninggalnya sahabat Nabi Muhammad SAW, Utsman bin Affan, karena dibunuh para Khawarij menjadi pukulan besar bagi Umat Islam. 

Padahal berbagai keutamaan dimiliki Utsman sosok berjuluk Dzunnurain itu.  Berikut ini sejumlah fakta terkait Utsman bin Affan sebagaimana disebutkan Ibnu Katsir dalam Al-Bidayah wa An-Nihayah dikutip dari youm7 berikut ini:  

Baca Juga

1. Nasabnya bertemu dengan nasab Rasulullah 

Secara nasab, dia adalah Utsman bin Affan bin Abi Al-Aas bin Umayyah bin Abd Syams bin Abd Manaf bin Qusay bin Kilab bin Murra bin Ka`ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Al Nadr bin Kinanah bin Khuzayma bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Maad bin Adnan Abu Amr dan Abu Abdullah Al Qurashi. 

2. Dijanjikan surga

Utsman bin Affan adalah salah satu dari sepuluh orang yang dijanjikan dengan surga. Dia menjadi salah satu dari pemimpin yang menggantikan Nabi mengurusi Umat. Dari Abu Musa Al Asyari, dia berkata: 

أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – دَخَلَ حَائِطًا وَأَمَرَنِى بِحِفْظِ بَابِ الْحَائِطِ ، فَجَاءَ رَجُلٌ يَسْتَأْذِنُ ، فَقَالَ« ائْذَنْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ » . فَإِذَا أَبُو بَكْرٍ ، ثُمَّ جَاءَ آخَرُ يَسْتَأْذِنُ فَقَالَ « ائْذَنْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ » . فَإِذَا عُمَرُ ، ثُمَّ جَاءَ آخَرُ يَسْتَأْذِنُ ، فَسَكَتَ هُنَيْهَةً ثُمَّ قَالَ « ائْذَنْ لَهُ وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ عَلَى بَلْوَى سَتُصِيبُهُ» . فَإِذَا عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ

Nabi SAW masuk ke sebuah kebun dan memerintahkanku untuk menjaga pintu kebun tersebut. Kemudian datang seorang lelaki untuk masuk, beliau bersabda, “Izinkan dia masuk, kemudian beritakan kepadanya bahwa dia masuk surga.” 

Ternyata laki-laki tersebut adalah Abu Bakar. Setelah itu datang laki-laki lain meminta diizinkan masuk, beliau bersabda, “Izinkan dia masuk, kemudian beritakan kepadanya bahwa ia masuk surga.” 

Ternyata lelaki itu adalah Umar bin Khattab. Lalu datang lagi seorang lelaki meminta diizinkan masuk, beliau terdiam sejenak lalu bersabda, “Izinkan dia masuk, kemudian beritakan kepadanya bahwa dia masuk surga disertai dengan cobaan yang menimpanya.” Ternyata lelaki tersebut adalah Utsman bin Affan. (HR Bukhari).

3. Muhajirin pertama

Utsman mengikuti Rasulullah berhijrah ke Habasyah dan menjadi yang pertama dari orang-orang bersama dengan istrinya, Ruqayyah RA , putri Rasulullah. Kemudian dia juga kembali ke Makkah dan berhijrah lagi ke Madinah.

4. Mujahid di berbagai peperangan bersama Nabi

Perang Uhud, Perang Khandaq hingga perjanjian Al Hudaibiyyah menjadi peristiwa-peristiwa yang menjadi saksi kesetiaan Utsman kepada Nabi. 

5. Sosok yang dermawan

Abdurrahman bin Khabab berkata bahwa Utsman mendonasikan hartanya sebanyak tiga ratus unta lengkap dengan pelana mereka. Utsman juga pernah membekali Umat Islam dengan hartanya mencapai seribu dinar.

6. Berhaji dengan Rasulullah SAW

Utsman menunaikan haji bersama Rasulullah di haji wada, hingga Nabi meninggal dengan keridhaan terhadap Utsman. Sahabat Nabi ini juga menemani Abu Bakar dalam kepemimpinannya dan Abu Bakar meninggal dengan keridhaan terhadapnya. Dia juga menemani Umar saat memimpin umat dan Umar meninggal ketika dia merasa ridha terhadap Utsman,

7. Membebaskan berbagai wilayah

Saat diangkat menjadi khalifah, Allah SWT membuatnya menaklukkan banyak provinsi dan kota di tangannya, sehingga kekuatan Islam diperluas. Dakwah dari orang-orang pilihan disebar mencapai Timur dan Barat bumi.

8.Seorang pria dengan berbagai sifat baik

Utsman dikatakan bertubuh baik, tampan, sangat rendah hati, penderma harta terbaik. Dia mempunyai tulang persendian yang besar, berbahu bidang, rambutnya lebat, dan bentuk mulutnya bagus. Alkhaledi Kurnialam

Sumber: youm7 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA