Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Ajak Hewan Peliharaan Pindah Rumah, Perhatikan Hal Ini

Rabu 23 Jun 2021 13:48 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Hal yang perlu diperhatikan saat mengajak hewan peliharaan pindah rumah (ilustrasi).

Hal yang perlu diperhatikan saat mengajak hewan peliharaan pindah rumah (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Sebaiknya segera mencari dokter hewan dengan baik sebelum Anda pindah ke rumah baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pindah ke rumah baru bisa menjadi petualangan yang mengasyikkan. Hal itu akan menjadi waktu yang sangat sibuk sebab ada banyak tugas yang harus diselesaikan untuk menata ulang. 

Seperti dilansir di laman Norfolk Daily News, beberapa waktu lalu, saat hendak memindahkan hewan peliharaan, perlu mempertimbangkan kebutuhannya bersama dengan kebutuhan Anda. Apa saja tips-nya?

1. Tetap dengan rutinitas normal

Saat merencanakan kepindahan rumah, cobalah berkemas selama periode waktu tertentu dan tetap berpegang pada rutinitas sehari-hari hewan peliharaan sebanyak mungkin. Ini akan memudahkan Anda dan hewan peliharaan untuk mengontrol tingkat stres dan perubahan yang terjadi di rumah.

2. Kunjungi dokter hewan peliharaan

Buat janji temu dengan dokter hewan peliharaan, untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh dan memastikan hewan peliharaan mendapatkan informasi terbaru tentang semua vaksinasi. Simpan juga berbagai obat-obatan, termasuk obat cacing hati dan pencegahan kutu. Pastikan juga meminta salinan semua catatan medis hewan peliharaan.

3. Cari dokter hewan baru

Jika pindah ke kota baru, ada baiknya mencari dokter hewan dengan baik sebelum Anda pindah ke rumah baru, bahkan bisa meminta rekomendasi atau rujukan dari dokter hewan yang lama. Kumpulkan daftar dokter hewan potensial, lalu mampir dan kunjungi yang telah Anda pilih.

4. Dapatkan informasi tentang aturan dan peraturan hewan peliharaan

Undang-undang dan tata cara hewan peliharaan bervariasi, bergantung pada lokasi rumah baru Anda. Sebelum pindah, cari tahu tentang semua peraturan setempat, persyaratan perizinan, dan peraturan hewan peliharaan yang mungkin berlaku untuk hewan peliharaan dan situasi Anda.

Jika akan menyewa rumah atau apartemen, cari tahu apakah jenis hewan peliharaan memenuhi syarat untuk asuransi penyewa di kota  Anda atau tidak. Tinjau  pula sewa secara menyeluruh sehingga Anda sepenuhnya mengetahui biaya atau batasan hewan peliharaan sebelum menandatanganinya.

5. Pilih perangkat untuk mengamankan hewan peliharaan di kendaraan 

Anda dan keluarga perlu mengencangkan sabuk pengaman saat mengemudi, begitu juga hewan peliharaan. Memilih perangkat mana untuk mengamankan hewan peliharaan di kendaraan, bergantung pada hewan peiharaan masing-masing. Apa pun yang Anda pilih, yang terbaik adalah memberikan sahabat karib berbulu Anda setidaknya satu bulan untuk menjadi nyaman dan terbiasa dengannya.

6. Buat reservasi di tempat ramah hewan peliharaan untuk menginap

Jika bergerak dalam jarak jauh dan akan ada pemberhentian semalam, penting untuk memesan akomodasi ramah hewan peliharaan terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan dan hewan peliharaan kita diterima. Selain itu, jika Anda memerlukan akomodasi untuk masa inap yang lebih lama saat tiba di rumah baru, pastikan untuk mendapatkan penginapan ramah hewan peliharaan juga.

7. Kemas tas untuk hewan peliharaan

Sama seperti Anda mengemas tas semalam untuk diri sendiri, pastikan untuk mengemas satu juga untuk anggota keluarga berkaki empat Anda. Tasnya harus berisi semua hal yang penting, tidak hanya untuk perjalanan, tetapi untuk setidaknya beberapa hari setelah pindah.

8. Pesan lebih awal dan persiapkan hewan peliharaan jika harus terbang

Ada banyak masalah keamanan yang perlu dipertimbangkan, dan banyak langkah penting yang harus diambil, khususnya jika langkah Anda melibatkan penerbangan dengan hewan peliharaan. Pertama, pastikan untuk membiasakan diri dengan kebijakan dan pedoman hewan peliharaan maskapai penerbangan.

Selain itu, bisa membantu mempersiapkan hewan peliharaan untuk perjalanan udara dengan memastikan dia memiliki kandang perjalanan hewan peliharaan yang tepat, dan ia sudah terbiasa dengan penerbangan. Penting juga untuk membeli tiket lebih awal untuk memastikan Anda mendapatkan penerbangan yang sesuai.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA