Rabu 23 Jun 2021 12:13 WIB

Jembatan Lingkar Lapoili Masuk Nominasi API 2021

Pembangunan jembatan lingkar Lapoili karena dibangun seluruhnya dari dana desa.

Objek wisata Jembatan Lingkar Lapoili di Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara
Foto: Pemkab Buton Selatan
Objek wisata Jembatan Lingkar Lapoili di Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Objek wisata Jembatan Lingkar Lapoili di Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, terpilih masuk nominasi 10 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 sebagai destinasi kreatif.

"Alhamdullilah jembatan Lapoili kita masuk nominasi 10 besar. Dan di 10 besar ini kita akan mengirim kembali video-videonya ke Ayo jalan jalan, karena sebelumnya hanya foto-foto dengan narasinya usulan yang kita kirim," ujar Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel Suriati.

Ia menjelaskan, keikutsertaan destinasi daerah itu pada iven tersebut berawal dari permintaan API yang meminta setiap kabupaten/kota di Tanah Air untuk mengusulkan nominasi-nominasi destinasi yang ada di daerahnya masing-masing.

Ia mengatakan, Jembatan Lapoili yang terletak di Desa Wawoangi daerah itu merupakan salah satu dari tujuh destinasi wisata yang diusulkan yakni kategori destinasi dataran tinggi terpopuler (Tebing Labulengke), ekowisata terpopuler (wisata jeruk siompu), surga tersembunyi (pulau liwutongkidi dan pantai lakadao), destinasi baru (pantai tampano one), destinasi kreatif, dan situs sejarah (masjid tua wawoangi).

"Jadi kami itu mengusulkan ada tujuh destinasi wisata dari di antara 18 kategori yang diminta," kata Suriati didampingi Kasubdid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dalam dan Luar Negeri Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Buton Selatan, Waode Muzrain Marda R.

Dari beberapa kategori itu, kata dia, hanya kategori surga tersembunyi pihaknya mengirim dua destinasi yakni Pantai Lakadao dan Pulau Ular, selebihnya hanya satu destinasi yang dikirim pada tiap kategori.

"Jadi kalau untuk kreatif memang kami hanya mau Lapoili karena pertimbanganya murni dibangun dari Dana Desa, sehingga kami dari pemerintah wajib untuk mendukung," ujarnya.

Ia berharap, seluruh warga Sulawesi Tenggara dapat mendukung destinasi tersebut sehingga bisa mendapat juara melalui instagram, atau youtube, juga bisa melalui SMS (pesan singkat) dengan cara ketik API 15E kirim ke 99386, yang mana dibuka mulai 1 Juli hingga 31 Oktober 2021.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement