Menteri Hungaria Protes Dukungan Jerman ke LGBT di Euro

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Stadion Allianz Arena, kandang Jerman di Euro 2020.
Stadion Allianz Arena, kandang Jerman di Euro 2020. Foto: EPA-EFE/LUKAS BARTH
Jerman ingin menyalakan lampu warna pelangi di Allianz Arena saat hadapi Hungaria.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Menteri Luar Negeri Hungaria, Peter Szijjarto, menolak keras rencana untuk menyalakan lampu Allianz Arena di Muenchen dengan warna pelangi dalam solidaritas untuk komunitas LGBT. Penyalaan warna pelangi ini direncanakan berlangsung dalam pertandingan pemungkas Grup F Euro 2020 antara timnas Jerman dan Hungaria, Kamis (24/6) dini hari WIB.

"Sangat berbahaya mencampuradukkan olahraga dan politik," kata Szijjarto kepada kantor berita MTI, dikutip The42, Selasa (22/6).

Baca Juga

Sebelumnya, otoritas lokal Muenchen meminta izin kepada Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) untuk menyalakan Stadion Allianz Arena, sebagai tanda solidaritas kepada komunitas LGBT di Hungaria. Komunitas LGBT di Hungaria dilaporkan mendapatkan tekanan dari pemerintah sayap kanan Viktor Orban yang mengesahkan undang-undang untuk melarang promosi kampanye homoseksualitas kepada anak di bawah umur.

"Kami di Hungaria telah mengesahkan undang-undang untuk melindungi anak-anak Hungaria, dan mereka sekarang berjuang melawannya di Eropa Barat. Ini jelas menunjukkan niat untuk membawa politik ke dunia olahraga, karena semua orang tahu tentang apa itu," kata Szijjarto.

Akhir pekan kemarin, UEFA dilaporkan tengah membuka penyelidikan terhadap spanduk yang diduga homofobik dan suara monyet pada dua pertandingan pertama timnas Hungaria di Euro 2020 yang berlangsung di Budapest.

Timnas Hungaria harus menang saat berjumpa Jerman pada pertandingan akhir Grup F. Kemenangan atas Der Panzer membuka peluang mereka untuk melangkah ke babak 16 besar.

Saat ini, tim berjuluk the Magical Magyars berada di peringkat empat klasemen Grup F dengan perolehan angka satu dari dua laga yang telah dilakoni.

Dua tim favorit lainnya Portugal dan Jerman mengantongi nilai tiga dengan berada di posisi ketiga serta keempat. Sementara Prancis masih nyaman di posisi pertama dengan mengantongi angka empat.

Terkait


Grup F UERO 2020: Jerman vs Hungaria

Jerman vs Hungaria: Memburu Tiket Fase Gugur

Pemain Inggris Raheem Sterling memberikan tepuk tangan kepada para penggemar saat ia meninggalkan lapangan setelah diganti pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Republik Ceko dan Inggris di stadion Wembley di London,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

Sterling Klaim Inggris tak Ciut Lawan Tim Grup Neraka

Attila Szalai (kanan) dari Hongaria beraksi melawan Danilo Pereira dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Hongaria dan Portugal di Budapest, Hongaria, 15 Juni 2021.

Lawan Jerman, Bek Hungaria: Seluruh Tim Bersatu

Pelatih Austria Franco Foda menginginkan pertandingan Austria vs Italia pada babak 16 besar Euro 2010 dipindahkan dari Stadion Wembely.

Pelatih Austria Ingin Laga Timnya Vs Italia tidak di Wembley

 Raheem Sterling dari Manchester City saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester City dan Manchester United di Manchester, Inggris, 07 Maret 2021.

Raheem Sterling Ogah Dibarter dengan Kane

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image