Bangkit dari Pandemi, Sukabumi Dorong Wisata Aman dan Ramah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Bangkit dari Pandemi, Sukabumi Dorong Wisata Aman dan Ramah (ilustrasi).
Bangkit dari Pandemi, Sukabumi Dorong Wisata Aman dan Ramah (ilustrasi). | Foto: Balawista Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Berbagai cara dilakukan untuk bisa bangkit dari dampak pandemi Covid-19. Misalnya di Kota Sukabumi yang berupaya mengembangkan wisata aman dan ramah kepada para pengunjung.

Hal ini mengemuka dalam pelatihan keamanan dan keselamatan destinasi pariwisata Kota Sukabumi di Hotel Tamanl Sari, Selasa (22/6). ''Pengelola tempat wisata dapat menjaga aspek keamanan dan keselamatan wisata,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dihadapan 40 orang peserta pelatihan yang merupakan pengelola wisata di Sukabumi.

Sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman dan akan kembali ke lokasi wisata karena menikmati keramahan dan pelayanan. Terlebih di masa pandemi ini pengelola wisata harus menerapkan perubahan yakni dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

''Intinya menyadari masa pandemi ada hikmah besar dan harus memulai kehidupan baru dengan menata ulang perencanaan,'' kata Fahmi. Bukan hanya pengelola wisata, pemerintah pun menerapkan perubahan serupa.

Fahmi mengatakan, mengutip gubernur bahwa pascapandemi ada penataan 7 ekonomi baru yang harus disiapkan warga Jabar. Di antara 7 ekonomi baru salah satunya ekonomi berbasis pariwisata karena pascapandemi warga ingin menghibur diri dan menikmati alam.

''Termasuk di Kota Sukabumi harus dipersiapkan meskipun kota memiliki sumber daya alam yang terbatas,'' cetus Fahmi. Itulah sebabnya dalam rangkaian menumbuhkembangkan semangat pariwisata ini harus dimulai dengan menciptakan rasa aman dan nyaman di destinasi wisata.

Banyak indikator membuat seseorang menikmati wisata. Misalnya akses ke lokasi menjadi menjadi salah satu diantaranya dan memanjakan pengunjung dengan keramahan pelayanan dan terjaminnya keamanan dan keselamatan.

Intinya lanjut Fahmi, kini saatnya berbenah menata Sukabumi lebih baik dari sisi wisata. Di antaranya dengan pelatihan ini memotivasi pelaku wisata dalam menjaga dan memperbaiki potensi wisatanya.

Salah seorang warga Kota Sukabumi, Rahman (34 tahun) mengatakan, potensi wisata di Kota Sukabumi memang menonjol pada bidang kuliner dan wisata heritage. Sehingga dapat fokus dikembangkan ke arah sana.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


ABK Indonesia Syukuri Kembalinya Operasi Kapal Pesiar

Pentingnya Self Healing di Masa Pandemi

Tantangan Mengelola Organisasi di Masa Pandemi

Kolaborasi Kampus dan Praktisi Majukan Ekonomi Kreatif

Preman Pasar yang Diduga Aniaya Warga di Sukabumi Dibekuk

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image