Selasa 22 Jun 2021 13:13 WIB

Diet Ini Disarankan untuk Turunkan Risiko Kanker dan Jantung

Ada jenis diet yang menurut penelitian bisa turunkan risiko banyak penyakit kanker.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada jenis diet yang menurut penelitian bisa turunkan risiko banyak penyakit kanker.
Foto: The Blue Diamond Gallery
Ada jenis diet yang menurut penelitian bisa turunkan risiko banyak penyakit kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang kita bingung memilih pola makan yang cocok bagi kita dan penampilan tubuh kita. Namun, pada dasarnya pola makan pada akhirnya adalah tentang meningkatkan kesehatan untuk jangka panjang.

 

Baca Juga

Hal itulah yang menjadi fokus yang tepat dari rencana makan tertentu, menurut ahli diet terdaftar di Klinik Cleveland. Dengan memakan daftar makanan ini, tidak hanya membantu banyak orang menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan pengetahuan nutrisi yang bertujuan memangkas risiko beberapa jenis kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Menurut posting blog Cleveland Clinic yang menampilkan wawasan dari Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD yang dilansir laman EatThis, Selasa (22/6), diet DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches That Stop Hypertension atau tekanan darah tinggi. Diet DASH membawa asupan natrium individu menjadi 2.300 miligram per hari.

Diet DASH juga meningkatkan jumlah kalium yang dimakan, karena kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah. Penelitian menemukan diet DASH dapat menurunkan risiko seperti kanker payudara, kanker kolorektal, sindrom metabolik yang merupakan sekelompok kondisi yang bersama-sama meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.

"Itu tidak memerlukan makanan khusus dan Anda tidak perlu kelaparan atau menghilangkan camilan,” kata Patton.

Singkatnya, DASH jelas tidak membatasi. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi menjadi komponen utama dalam diet DASH.

Buah-buahan

Diet DASH menyerukan buah-buahan yang mendorong penurunan berat badan paling banyak, menurut sains. Di antaranya pisang, apel, markisa, anggur, dan jeruk.

Sayuran

Ubi jalar ini hanyalah salah satu contoh dari banyak sayuran kaya potasium.

 

Gandum Utuh

Oatmeal hanyalah salah satu dari beberapa biji-bijian dengan kandungan potasium yang sehat. Lainnya termasuk beras merah, soba, dan sereal dedak.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti banyak kacang-kacangan termasuk kacang hitam mengandung banyak potasium. Segenggam kecil kacang dapat mengemas potasium dalam jumlah yang kuat, ditambah lagi mereka memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya.

 

Susu Rendah Lemak

Sebuah studi tahun 2020 yang didanai oleh National Dairy Council menyimpulkan bahwa susu mengandung sembilan nutrisi penting, termasuk potasium dan Vitamin D.

Blog Klinik Cleveland mencantumkan beberapa makanan yang tidak direkomendasi pada diet DASH. Di antaranya daging berlemak seperti daging merah atau unggas dengan kulit,  produk susu penuh lemak seperti mentega dan susu murni, makanan dan minuman tinggi gula, minyak yang padat pada suhu kamar, seperti minyak kelapa dan kelapa sawit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement