Selasa 22 Jun 2021 11:46 WIB

Three Lions Diharapkan Kembalikan Antusiasme Publik Inggris

Southgate menegaskan, The Three Lions akan beradaptasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Suporter Inggris bersorak saat pertandingan grup D Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di Stadion Wembley, London, Jumat, (18/6). Para suporter memakai pernak-pernik dan dandanan unik untuk memberikan semangat timnas yang didukungnya. (AP Photo/Carl Recine, Pool)
Foto: Reuters Pool
Suporter Inggris bersorak saat pertandingan grup D Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di Stadion Wembley, London, Jumat, (18/6). Para suporter memakai pernak-pernik dan dandanan unik untuk memberikan semangat timnas yang didukungnya. (AP Photo/Carl Recine, Pool)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, berharap, para penggawa The Three Lions bisa kembali menghadirkan antusiasme buat para penonton lewat performa di atas lapangan. Kesempatan ini datang saat The Three Lions menjamu Republik Ceska di laga pamungkas penyisihan Grup D, Rabu (23/6) dini hari WIB. 

Performa semifinalis Piala Dunia 2018 itu menjadi bulan-bulanan kritik usai ditahan imbang Skotlandia, tanpa gol, akhir pekan lalu. Kendati mengendalikan permainan dengan penguasaan bola mencapai 60 persen, Inggris gagal memecah kebuntuan di laga tersebut. 

Dari total enam tembakan yang dilepaskan para penggawa The Three Lions di sepanjang laga tersebut, hanya satu yang tepat mengarah ke gawang. Southgate mengakui, efektivitas serangan menjadi salah satu bahan evaluasi terbesar timnas Inggris pasca laga tersebut. 

''Kami tidak bisa menembus pertahanan mereka. Karena itu, kami membutuhkan pendekatan yang berbeda saat menghadapi tim-tim dengan gaya permainan yang sama seperti mereka (Skotlandia). Di laga berikutnya, kami akan menghadapi lawan yang berbeda dan tim yang cukup bagus,'' tutur Southgate seperti dilansir Bellingham Herald, Selasa (22/6). 

Mantan pelatih Middlesbrough itu pun mengungkapkan, demi bisa mengalahkan Ceska dan mengakhiri penyisihan Grup D sebagai juara grup, The Three Lions mesti bisa tampil atraktif seraya menghibur para supporter Inggris yang hadir langsung di Stadion Wembley. Para penggawa The Three Lions, tutur Southgate, sudah tidak sabar untuk membayar kekecewaan usai ditahan imbang Skotlandia. 

''Kami harus menampilkan gaya sepak bola yang memberikan antusiasme pada para penonton. Tentunya dengan memetik hasil yang mereka harapkan. Saat Anda tampil mengecewakan di sebuah laga, Anda berharap bisa langsung bangkit. Para pemain sudah bertekad untuk melakukan hal tersebut. Saya juga memiliki tekad yang sama,'' ujar pelatih berusia 50 tahun tersebut. 

Sayangnya, persiapan Inggris untuk menghadapi Ceska terganggu dengan isolasi mandiri, yang harus dilakoni oleh Mason Mount dan Ben Chilwell. Dua pemain tersebut diketahui sempat melakukan kontak fisik dengan gelandang Skotlandia, Billy Gilmour, yang belakangan dipastikan positif Covid-19. 

Kendati begitu, Southgate menegaskan, The Three Lions akan beradaptasi dengan kemungkinan tidak bisa diturunkannya Mount dan Chilwell di laga tersebut. 

''Kami mesti menerima kenyataan. Kami akan beradaptasi dengan situasi ini,'' kata Southgate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement