Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Kulit Salmon Ternyata Bernutrisi Cukup Tinggi

Selasa 22 Jun 2021 11:34 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

Kulit salmon mengandung nutrisi yang sama dengan filet lainnya.

Kulit salmon mengandung nutrisi yang sama dengan filet lainnya.

Foto: Pixabay
Kulit salmon mengandung nutrisi yang sama dengan filet lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikan Salmon adalah salah satu makanan paling sehat yang dapat dimakan. Salmon kaya akan protein dan lemak sehat, sejumlah vitamin dan mineral. Satu filet salmon 3 ons mengandung 23 gram protein dan 6 gram lemak, tetapi sebagian besar lemaknya adalah lemak tidak jenuh yang sehat.

Untuk sesuatu yang sehat dan beraroma, salmon tampaknya menjadi pilihan yang mudah, tetapi begitu banyak orang melakukan satu hal yang salah saat memasak salmon yaitu mereka membuang kulitnya.

Meskipun ada beberapa kasus di mana Anda tidak ingin membuang kulit salmon, seperti saat Anda merebus atau memanggangnya lambat karena kulitnya bisa menjadi lembek (melalui Bon Appetit), sebagian besar, memasak salmon Anda dengan kulitnya direkomendasikan.  

Kulit salmon mengandung nutrisi yang sama dengan filet lainnya, jadi tidak ada salahnya menginginkan lebih. Namun, itu juga dapat meningkatkan rasa dan tekstur salmon saat dimasak. Kulit salmon adalah cara alami untuk mengunci rasa ikan dengan bertindak sebagai penghalang antara panci panas dan ikan, sekaligus mencegahnya terlalu matang.  

Ada berbagai cara memasak salmon dengan kulitnya, termasuk memanggang, membakar di wajan, memanggang dan memanggang. Namun, selalu masak dengan sisi kulit menghadap ke bawah. Anda juga ingin memotong kulit salmon sebelum memulai proses memasak.

"Saat membakar, memanggang atau bahkan memanggang salmon, fillet akan sedikit melengkung, menyebabkannya terangkat dari permukaan memasak dan berwarna cokelat tidak merata," kata Editor Makanan Eksekutif di Boston's America's Test Kitchen Dan Zuccarello dikutip dari thelist.com pada Selasa (22/6).

Zuccarello juga menjelaskan metode terbaik untuk memberi skor ringan pada kulit yaitu dengan menggunakan pisau tajam atau bergerigi, potong empat atau lima tebasan dangkal secara diagonal, sekitar satu inci terpisah, melalui kulit setiap potongan salmon, berhati-hatilah agar tidak memotong daging.

"Salmon Anda akan terasa luar biasa dan juga tampak luar biasa, jadi tingkatkan penyajiannya dengan menyajikan salmon Anda dengan sisi kulit menghadap ke bawah," kata dia.

Adapun beberapa manfaat jika Anda konsumsi salmon

1. Ikan Salmon Sangat Baik untuk Kulit
Jika Anda pernah mendengar bahwa salmon baik untuk kulit Anda, Anda pasti tidak salah dengar.  Artis seperti Victoria Beckham bersumpah akan hal itu, memberi tahu rahasia kecantikan nomor satu. Ia mengkonsumsi ikan salmon setiap hari.

Lalu, Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group menyebut salmon sebagai makanan super. Dia menjelaskan kalau jumlah tinggi asam lemak omega-3 salah satu lemak baik yang ditemukan dalam salmon memiliki kemampuan untuk meningkatkan cahaya alami Anda.  

"Ketika Anda memiliki tingkat lemak baik yang tinggi di tubuh Anda, itu memberi makan kulit dan memungkinkan kulit membuat minyak sehat ini dan memungkinkan kulit menjadi lebih sehat," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA