Menlu Hungaria Kritik Keras Rencana 'Stadion LGBT' di Jerman

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Ilustrasi LGBT
Ilustrasi LGBT Foto: MgRol112
Menurut dia, gagasan menghiasi stadion menjadi warna pelangi sangatlah berbahaya.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNICH -- Menteri Luar Negeri Hungaria, Peter Szijjarto mengeklaim rencana menghias Allianz Arena di Muenchen, Jerman dengan warna pelangi dalam solidaritas komunitas LGBT untuk pertandingan Euro 2020 berbahaya. Rencananya, aksi itu akan dilakukan saat Hungaria bertemu Jerman, Rabu (23/6). 

Otoritas lokal di Munich meminta izin pada UEFA untuk menghias stadion sebagai tanda solidaritas bagi komunitas LGBT di Hungaria. Namun rencana tersebut mendapat lampu merah dari pemerintah Hungaria.

"Sangat berbahaya dan berbahaya untuk mencampuradukkan olahraga dan politik," kata Szijjarto dilansir dari laman The42, Selasa (22/6).

Dia mengakui sejarah memperlihatkan bahwa itu adalah hal yang buruk. Apalagi, solidaritas itu dibuat menyusul undang-undang pelarangan promosi homoseksual pada anak di bawah umur.

"Kami di Hungaria telah mengesahkan undang-undang untuk melindungi anak-anak Hongaria dan mereka sekarang berjuang melawannya di Eropa Barat," kata Szijjarto.

Untuk itu, rencana menghias stadion dengan lampu berwarna pelangi jelas menunjukkan niat untuk membawa politik ke dunia olahraga. Pekan lalu, UEFA pun turut membuka penyelidikan terhadap spanduk yang diduga berisi pesan homofobia dan suara monyet di dua pertandingan pertama Hungaria di Budapest.

Di sisi lain, Hungaria harus meraih kemenangan dari Jerman untuk lolos ke 16 besar. Sementara Jerman harus memenangkan laga untuk mengamankan tempatnya di fase sistem gugur.

Terkait


Grup F UERO 2020: Jerman vs Hungaria

Jerman vs Hungaria: Memburu Tiket Fase Gugur

Pemain Inggris Raheem Sterling memberikan tepuk tangan kepada para penggemar saat ia meninggalkan lapangan setelah diganti pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Republik Ceko dan Inggris di stadion Wembley di London,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

Sterling Klaim Inggris tak Ciut Lawan Tim Grup Neraka

Attila Szalai (kanan) dari Hongaria beraksi melawan Danilo Pereira dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Hongaria dan Portugal di Budapest, Hongaria, 15 Juni 2021.

Lawan Jerman, Bek Hungaria: Seluruh Tim Bersatu

Pelatih Austria Franco Foda menginginkan pertandingan Austria vs Italia pada babak 16 besar Euro 2010 dipindahkan dari Stadion Wembely.

Pelatih Austria Ingin Laga Timnya Vs Italia tidak di Wembley

 Raheem Sterling dari Manchester City saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester City dan Manchester United di Manchester, Inggris, 07 Maret 2021.

Raheem Sterling Ogah Dibarter dengan Kane

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image