Wijnaldum Tebar Ancaman buat Para Pesaing Der Oranje

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Georginio Wijnaldum dari Belanda melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Makedonia Utara dan Belanda di Amsterdam, Belanda, 21 Juni 2021.
Georginio Wijnaldum dari Belanda melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Makedonia Utara dan Belanda di Amsterdam, Belanda, 21 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/Kenzo Tribouillard
Depay dan Wijnaldum terbukti menjadi aktor kemenangan Tim Oranje.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Belanda sukses mengakhiri penyisihan Grup C dengan torehan rekor sempuna, tiga kemenangan dari tiga laga. Kemenangan, 3-0, atas Makedonia Utara di laga pamungkas Grup C, Senin (21/6) malam WIB, melengkapi capaian tim Oranje yang telah lebih dulu memastikan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C. 

Di laga yang digelar di Stadion Johan Cruyyf Arena tersebut, Belanda membuka keunggulan pada menit ke-24 via torehan Memphis Depay. Tidak berhenti sampai disitu, Depay juga terlibat dalam proses gol kedua Belanda di laga ini. 

Umpan tarik pemain anyar Barcelona itu mampu dimanfaatkan Giorgio Wijnaldum pada menit ke-51. Wijnaldum kembali mencatatkan namanya di papan skor, tepatnya pada menit ke-58, via sepakan kaki kanan usai menyambar bola halauan kiper Makedonia Utara. 

Keberhasilan membungkam tim debutan di Piala Eropa itu membawa Belanda kian nyaman di puncak klasemen akhir Grup C, dengan torehan sembilan poin dari tiga laga. Sementara buat Wijnaldum, torehan dua gol di laga ini mengantarkan mantan gelandang Liverpool itu menjadi pemain timnas Belanda pertama, setelah Ruud Van Nistelrooy pada 2004, yang mampu mencetak tiga gol atau lebih di putaran final Euro 2020. 

Sebelumnya, Wijnaldum menyumbang satu gol saat Belanda membungkam Ukraina, 3-2, awal pekan ini. Di laga kontra Makedonia Utara, Depay dan Wijnaldum terbukti menjadi aktor kemenangan Tim Oranje. 

Wijnaldum pun mengakui, memiliki koneksi ataupun kesepahaman permainan dengan Depay. Kesepahaman permainan antara dua pemain ini begitu terlihat dalam laga tersebut. 

Namun, Wijnaldum menegaskan, kekuatan utama Belanda tidak hanya terletak pada kemampuan dirinya ataupun kepiawaian Depay dalam merobek gawang. Masih ada pemain lain di timnas Belanda yang dinilai bisa membuat perbedaan di sebuah laga.

''Saya dan Memphis pernah sama-sama memperkuat PSV. Pun dengan kesempatan tampil memperkuat timnas. Namun, saya rasa, bukan hanya Memphis atau saya. Tim ini masih memiliki pemain lain yang bisa mengubah jalannya laga,'' tutur Wijnaldum seperti dilansir laman resmi UEFA, Selasa (22/6). 

Gelandang berusia 30 tahun itu agaknya mulai menebar ancaman terhadap para pesaing tim Oranje di sisa turnamen paling bergengsi antara negara Eropa tersebut. Di babak 16 besar, Belanda akan menghadapi tim peringkat ketiga terbaik yang akan dihitung dari Grup D, E, dan F.

Terkait


 Karim Benzema dari Prancis merayakan keunggulan 2-1 dalam pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 23 Juni 2021.

Benzema Janjikan Tambahan Gol di Euro 2020

Robert Lewandowski dari Polandia selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup E UEFA EURO 2020 antara Swedia dan Polandia di St.Petersburg, Rusia, 23 Juni 2021.

Lewandowski Kecewa Polandia Gagal Lolos ke Babak 16 Besar

Para pendukung Denmark di Euro 2020 (ilustrasi).

Pendukung Denmark Dapat Jatah Tiket 16 Besar Lebih Banyak

 Karim Benzema dari Prancis (kanan) bereaksi dengan Cristiano Ronaldo dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan Grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hungaria, 23 Juni 2021.

Ringkasan Grup F: Para Unggulan Grup Neraka Melaju

Dembele

Ousmane Dembele Bakal Dioperasi di Finlandia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image