Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Bungkam Paraguay, Argentina ke Perempatfinal Copa

Selasa 22 Jun 2021 09:49 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Timnas Argentina di Copa America 2021.

Timnas Argentina di Copa America 2021.

Foto: EPA-EFE/Juan Mabromata
Argentina menang tipis 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILLIA -- Argentina sukses memastikan satu tiket babak perempat final Copa America 2021. Kepastian ini didapat Albiceleste usai membungkam Paraguay, 1-0, di laga keenam penyisihan Grup A, Selasa (22/6) pagi WIB. Gol semata wayang Argentina di laga itu dicetak oleh Alejandro ''Papu'' Gomez pada menit ke-10. 

Menghadapi Paraguay, pelatih Argentina, Lionel Scaloni, melakukan sejumlah perubahan di starting line-up Albiceleste. Sergio Aguero dan Angel di Maria dipercaya tampil sejak menit pertama, menggantikan Lautaro Martinez dan Nicolas Rodriguez, yang tampil sebagai starter di laga kontra Uruguay. 

Selain itu, posisi Giovani Lo Celso dan Rodrigo de Paul di lini tengah digantikan oleh Lucas Paredes dan Alejandro Gomez. Sedangkan dari kubu Paraguay, pelatih Edoardo Berizzo hanya melakukan satu pergantian pemain di starting line-up, ketimbang saat mengalahkan Bolivia, akhir pekan lalu. 

Matthias Villasanti menggantikan Cubas di lini tengah Paraguay. Dengan serangkaian perubahan di starting line-up tersebut, Argentina tampil lebih segar dibanding saat menang tipis, 1-0, atas Uruguay, akhir pekan lalu. Lionel Messi tetap menjadi andalan dalam membongkar lini belakang lawan. 

Tidak perlu waktu lama buat Argentina untuk langsung mengancam gawang Paraguay, tepatnya pada menit ke-delapan. Sayangnya, Sergio Aguero gagal memanfaatkan kesalahan halauan salah satu pemain bertahan Paraguay. Albiceleste akhirnya benar-benar merobek gawang Paraguay. 

Setelah melakukan aksi solo run di tengan lapangan, Messi mengoper bola ke Di Maria, yang berada di sisi kanan pertahanan Paraguay. Di Maria pun langsung melakukan tusukan ke tengah pertahanan Paraguay, kemudian diikuti dengan melepaskan umpan terobosan ke kotak penalti. 

Alejandro Gomez langsung mengejar umpan terobosan tersebut dan mengarahkan bola ke gawang Paraguay dengan satu sentuhan. Bola pun melewati kiper Paraguay dan bersarang di pojok bawah gawang. 

Di sisa laga, upaya Paraguay untuk bisa membalas terus menemui kegagalan. Perbedaan kualitas pemain antara kedua tim begitu terlihat begitu Paraguay mulai memasuki sepertiga akhir lapangan. Para penggawa Paraguay terlihat frustasi dalam menembus pertahanan Argentina, yang dikawal Cristian Romero. 

Akhirnya, skor 1-0 tetap bertahan hingga laga yang digelar di Stadion Mane Garrincha tersebut usai. Atas kemenangan ini, Argentina kembali memimpin klasemen sementara Grup A dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga. Albiceleste dipastikan lolos ke babak perempat final Copa America 2021. 

Dari lima tim yang tergabung di Grup A, empat tim berhak lolos ke babak perempat final. Di laga pamungkas Grup A, Argentina akan menghadapi Bolivia, Jumat (25/6) WIB. Sementara buat Paraguay, kekalahan ini membut tim besutan Edoardo Berizzo itu masih tertahan di peringkat ketiga dengan ooleksi tiga poin dari dua laga. Paraguay unggul dua poin dari Uruguay, yang dipaksa memetik hasil imbang, 1-1, kala menghadapi Cile di laga lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA