Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Ukraina Luncurkan Alquran Braille Terjemahan

Selasa 22 Jun 2021 07:14 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Ukraina Luncurkan Alquran Braille Terjemahan. Ilustrasi

Ukraina Luncurkan Alquran Braille Terjemahan. Ilustrasi

Foto: ANTARA/Maulana Surya
Ini merupakan terjemahan pertama Alquran braille dalam bahasa Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Komunitas Muslim penyandang tunanetra di Ukraina kini semakin mudah mengakses Alquran braille terjemahan. Alquran dengan terjemahan berbahasa Ukraina yang pertama kali diterbitkan dalam huruf braille resmi diluncurkan beberapa waktu lalu di ibu kota Kiev.

Seperti dilansir Iqna.ir, Selasa (22/6), peluncuran Alquran braille dengan terjemahan bahasa Ukraina itu dilakukan di Perpustakaan Nikolai Ostrovsky yang merupakan perpustakaan khusus untuk tunanetra. 

Baca Juga

Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat Alquran dilanjutkan dengan pidato Direktur Perpustakaan Nikolai Ostrovsky yang menekankan pentingnya Alquran dengan terjemahannya di Ukraina. Ia mengatakan telah banyak penyandang tunanetra yang menjadi anggota perpustakaan tertarik untuk mempelajari dan mengetahuinya.

Ia menambahkan itu merupakan terjemahan pertama kitab suci umat Islam dalam bahasa Ukraina yang telah diterbitkan dalam huruf braille dan dapat membantu para tunanetra Muslim dalam membaca Alquran. Acara ini juga dimeriahkan dengan lomba tilawah yang pemenangnya mendapatkan salinan terjemahan dan hadiah lainnya.

Braille adalah sistem tulisan yang memungkinkan tunanetra dan rabun untuk membaca dan menulis melalui sentuhan. Huruf Braille ditemukan oleh Louis Braille (1809-1852). Dalam beberapa tahun terakhir, Alquran dan buku-buku agama telah dicetak dalam huruf braille untuk membantu Muslim tunanetra membaca teks dengan mudah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA