Pemkab Garut akan Bangun Kembali Pasar Leles yang Terbakar

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ratna Puspita

Bupati Garut Rudy Gunawan
Bupati Garut Rudy Gunawan | Foto: Republika/Bayu Adji P

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut berencana kembali membangun Pasar Leles yang mengalami kebakaran pada Ahad (20/6). Pembangunan akan dilakukan usai penyelidikan penyebab kebakaran selesai dilakukan oleh aparat kepolisian.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, pihaknya akan melakukan pembangunan ulang pasar darurat di lokasi yang sama. Sebab, tidak adanya lokasi lain yang bisa digunakan sebagai pasar darurat. 

Baca Juga

“Jadi hari ini kalau Pasar Leles itu akan dilanjutkan, ada anggaran dilanjutkan untuk finishing yang sekarang sedang dalam proses lelang. Untuk pasar darurat, kita akan membangun lagi pasar darurat di sana, tetap di lokasi itu," kata dia, Senin (21/6).

Untuk pembangunannya, Rudy mengatakan, akan dilaksanakan setelah pemeriksaan yang dilakukan oleh polisi selesai. Sebab, saat ini polisi masih melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab pasti kebakaran. 

“Pak Kadis sudah ke sana. Hari ini juga akan dilakukan pembersihan, setelah dinyatakan clear artinya pemeriksaannya oleh polisi. Dan besok pun kami melakukan proses pembangunan,” kata dia.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Pasar Leles pada Ahad malam. Setidaknya, 412 kios dan 60 lapak pedagang kaki lima (PKL) hangus terbakar akibat kejadian itu. Pasar yang terbakar itu merupakan pasar darurat yang digunakan oleh pedagang, lantaran pasar utama sedang dalam proses pembangunan.

Rudy mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terkait penyelesaian Pasar Leles yang saat ini sudah mencapai pada tahap tiga. “Insyaallah Desember ini selesai,” kata dia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pasar Darurat Leles Garut Terbakar, Ratusan Kios Hangus

Pasar Leles Garut Kebakaran, Ratusan Kios Terdampak

Polisi Dalami Penyebab Kebakaran Pasar Darurat di Garut

Bupati Garut: Pesta Pernikahan Picu Lonjakan Kasus Covid-19

Keterisian Rumah Sakit di Garut Mencapai 95 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image