Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Islam Bagian dari Sejarah Kejayaan Eropa

Selasa 22 Jun 2021 04:47 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Masjid Cordoba di Spanyol.

Masjid Cordoba di Spanyol.

Foto: EPA/KHALED ELFIQI
Islam membantu dan memberi semangat untuk Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Agama Islam adalah bagian dari sejarah dan budaya Eropa. Islam bukan sesuatu dari luar. 

“Sejarah kejayaan di Eropa, saya harap ini dapat dipahami, dan bahwa kita dapat bergerak ke arah tidak hanya memiliki hubungan yang baik dengan Islam, tetapi benar-benar memahami bahwa itu adalah bagian dari sejarah dan budaya Eropa, di Balkan, Spanyol dan bagian lain, dan sekarang di banyak kota Eropa dengan populasi besar,” kata Bruno Macaes yang merupakan mantan menteri di Portugal, dilansir dari laman Daily Sabah, Senin (21/6).

Baca Juga

“Jadi itu (Islam) bukan agama asing, itu adalah bagian dari diri kita sendiri, dan dapat membantu memulihkan beberapa keragaman, semangat untuk Eropa. Kami membutuhkan itu," ujar Macaes yang menjabat sebagai menteri Eropa di pemerintahan Portugis antara 2013 dan 2015 kepada Anadolu Agency di sela-sela Forum Diplomasi Antalya.

Islam, sebagai agama dengan pertumbuhan tercepat di Eropa, telah hadir di benua itu sejak abad kedelapan. Muslim mendirikan peradaban termasyhur di Spanyol dan kemudian berkembang ke arah tenggara Eropa.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA