Senin 21 Jun 2021 16:38 WIB

Polres Purbalingga Gelar Vaksinasi Massal

Pelaksanaan vaksinasi dipusatkan di pendopo Setda Purbalingga.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah warga antre saat mengikuti vaksinasi massal Covid-19.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah warga antre saat mengikuti vaksinasi massal Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kepolisian Resor Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar vaksinasi massal dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75, Senin (21/6). Pelaksanaan vaksinasi dipusatkan di pendopo Setda Purbalingga dengan jumlah sasaran penerima vaksin yang cukup banyak.

''Dalam program vaksinasi ini, ada sebanyak 1.470 dosis vaksin Covid-19 yang kami siapkan,'' jelas Kapolres Purbalingga, Kapolres Purbalingga AKBP Fannky Ani Sugiharto.

Warga yang mendapat vaksin, menurut Kapolres, berasal dari berbagai wilayah kecamatan di Purbalingga. Antara lain dari Kecamatan Purbalingga, Kalimanah, dan Kaligondang. ''Selain di pendopo, vaksinasi massal juga dilaksanakan di puskesmas-puskesmas,'' jelasnya.

Menurutnya, program vaksinasi yang digelar kali ini dimaksudkan untuk meminimalisir kasus covid di Purbalingga dan berharap Purbalingga bisa segera menjadi zona hijau. ''Purbalingga harus segera kita buat menjadi hijau, kita buat sehat. Jangan sampai kalah, jangan sampai merah, karena semakin merah akan membuat kita semakin sulit beraktivitas,'' katanya.

 

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyebutkan program vaksinasi massal ini merupakan bentuk implementasi dari Instruksi Presiden berupa target satu juta vaksin. ''Untuk itu, kami mengapresiasi Polres Purbalingga yang telah menyelenggarakan vaksinasi massal kali ini,'' jelasnya.

Ia juga mengapresiasi warganya yang dengan kesadaran sendiri ikut berperan aktif dalam program vaksinasi massal tersebut. ''Melalui program vaksinasi, kita berharap akan bisa segera dicapai kondisi herd immunity dimana masyarakat akan menjadi lebih kebal dari virus covid,'' kata dia.

Setelah program vaksinasi ini, pada 26 Juni mendatang juga akan kembali digelar program vaksinasi massal. Ditargetkan, dalam program tersebut akan ada 4.000 warga Purbalingga yang bisa mendapat vaksin Covid-19. ''Untuk itu, warga Purbalingga yang belum bisa mendapat vaksin pada hari ini, bisa mengikuti kegiatan vaksinasi massal pada 26 Juni mendatang,'' katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Purbalingga per 20 Juni 2021, jumlah warga yang sudah mendapat vaksin Covid-19 tercatat sebanyak 150.178 orang. Mereka terdiri dari kalangan tenaga kesehatan 2.970 orang, pegawai pelayanan publik 55.244 orang, dan kalangan lansia sebanyak 91.964 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement