Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Dasco Usul Asrama Haji Difungsikan Jadi Tempat Isolasi Covid

Senin 21 Jun 2021 06:15 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Pengelolaan oleh pemerintah via Kementerian Agama dan Rumah Sakit Haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, meminta kepada pemerintah agar mengalihfungsikan Asrama Haji Pondok Gede menjadi tempat isolasi dan perawatan pasien Covid 19 untuk sementara waktu. Hal ini merespons sejumlah rumah sakit dan tempat isolasi seperti Wisma Atlet Kemayoran penuh akibat lonjakan pasien covid-19. 

"Saya minta kepada pemerintah agar Asrama Haji Pondok Gede dipersiapkan untuk menampung pasien Covid 19 yang tidak tertangani di rumah sakit. Mengingat tahun ini tidak ada kegiatan ibadah haji, jadi sebaiknya dimanfaatkan untuk hal lain," kata Dasco, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (20/6).

Baca Juga

Dasco menambahkan, dalam pengelolaannya, Asrama Haji nantinya dikoordinir langsung oleh pemerintah via Kementerian Agama dan Rumah Sakit Haji. "Sehingga untuk koordinasi dengan pemerintah pusat pun tetap mudah dan berjalan dengan baik," ujarnya.

Dikabarkan pemerintah berencana menambah tempat isolasi bila Wisma Atlet Kemayoran dan sejumlah rumah sakit tak lagi mampu menangani pasien Covid 19. Ketua Harian Partai Gerindra itu menilai usulannya tersebut bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan pemerintah.

"Ibadah haji dan ikhtiar menyembuhkan nyawa manusia adalah sama-sama ibadah. Dan agama juga membolehkan alih fungsi untuk sesuatu yang darurat dan bermanfaat," kata dia.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambah kapasitas pelayanan isolasi bagi pasien Covid-19 sebanyak 8.000 tempat tidur. Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi mengatakan, upaya mempercepat ketersediaan tempat isolasi pasien Covid-19 menyusul makin tingginya tingkat penularan terutama di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. 

Untuk itu, pemerintah berupaya menambah ribuan tempat tidur pasien isolasi yang kini sedang dipersiapkan di lima lokasi di Jakarta. Lokasi tersebut adalah Rumah Susun Pasar Rumput Manggarai di Jakarta Selatan, Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur, Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, dan Rumah Susun Pasar Jumat di Jakarta Selatan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA