Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Lucunya Pulisia, Gajah yang Baru Lahir di Taman Safari

Ahad 20 Jun 2021 08:13 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan

Pulisia, gajah yang baru lahir di Taman Safari Indonesia

Pulisia, gajah yang baru lahir di Taman Safari Indonesia

Foto: Shabrina Zakaria
Pulisia jadi salah satu dari tiga gajah sumatera yang lahir di tengah pandemi Covid.

REPUBLIKA.CO.ID, Pulisia, artinya ‘Pulihkan Indonesia’. Nama tersebut diberikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno untuk seekor anak gajah di Taman Safari Indonesia di Cisarua, Kabupaten Bogor. Dalam nama tersebut terselip harapan, agar Indonesia bisa pulih dari kondisi ekonomi yang tertekan karena pandemi Covid-19.

Baru berusia hampir enam bulan, Pulisia masih berada di Rumah Sakit Satwa Taman Safari Bogor. Sesekali, Pulisia mengikuti induknya ke area rekreasi. Namun, sebagian besar waktunya masih dihabiskan di area Rumah Sakit Satwa.

Sama seperti anak-anak pada umumnya, anak gajah ini senang menempel dengan induknya. Sambil bermain dengan sang pawang, Pulisia sesekali bersembunyi di balik kaki induknya. Dia tampak tak takut ketika pawang maupun orang di sekitarnya hendak memegang atau mengelus kepalanya.

Setelah bermain, Pulisia, induknya, dan anak-anak gajah lainnya menikmati kudapan yang diberi oleh para pawang. Berupa sayuran, buah jeruk, dan semangka. Buah jeruk yang diberikan oleh pawang dimasukkan satu per satu ke dalam mulutnya. Sementara, ketika diberi semangka kuning, Pulisia menginjak semangka tersebut hingga hancur sebelum memasukkannya ke dalam mulut.

Pulisia merupakan salah satu dari tiga gajah sumatera yang lahir di tengah pandemi Covid-19. Pulisia lahir pada 15 Desember 2020 dengan bobot 80 kilogram. Gajah betina ini merupakan hasil breeding di Taman Safari, dengan induk jantan bernama David dan induk betina bernama Ganika. Dimana, kedua induknya juga lahir di Taman Safari Indonesia.

Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang mengatakan, nama Pulisia diberikan oleh Sandiaga Uno pada akhir Mei ketika dia berkunjung ke Taman Safari Indonesia Bogor secara langsung. "Kemarin dari Menteri Sandiaga Uno memberikan nama, Pulih Indonesia atau Pulisia, agar Indonesia pulih dari pada Covid-19 dan juga pulih ekonomi,” ujar Jansen.

Jansen menceritakan, bobot Pulisia saat lahir merupakan berat rata-rata bayi gajah saat lahir pada umumnya. Selain itu, dia mengatakan, gajah yang hidup di Taman Safari Indonesia besar-besar dan gemuk.

Lantaran, selama pandemi Covid-19, Taman Safari Indonesia tidak mengurangi jatah makanan satwa, termasuk kepada gajah. Sebab, Taman Safari Indonesia memiliki strategi khusus untuk mencukupi kebutuhan satwa yang menjadi daya tarik utama di tempat rekreasi ini.

Selain dari segi pakan, dari segi perawatan juga tetap dilaksanakan sesuai standar. Seperti pada masa sebelum pandemi Covid-19. Jansen mengatakan, dalam hal ini, ada juga peran pemerintah yang membantu pihak Taman Safari Indonesia dari segi pakan. Sehingga, Taman Safari Indonesia tetap menunjukkan kualitas dari tempat rekreasi dan kondisi satwa dalam kondisi baik.

"Semasa pandemi ini tidak ada yang kita kurangi. Gajah di sini besar-besar dan gemuk. Di Taman Safari Indonesia, tidak ada gajah mati atau kurus, gemuk semuanya," kata Jansen.

Selain Pulisia, ada dua anak gajah yang lahir di tengah pandemi Covid-19. Salah satu di antaranya bernama Anari, yang memiliki arti ‘Anak Republik Indonesia’. Nama tersebut diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada 2020. Sama seperti Pulisia, Anari juga berjenis kelamin betina.

Tak kehilangan kesempatan, Menteri Pertanian Yasin Limpo juga turut memberi nama pada anak gajah jantan di Taman Safari Indonesia. Anak gajah jantan tersebut diberi nama Bintang Maha Putera yang juga lahir selama pandemi Covid-19. Dengan kelahirannya bayi-bayi gajah ini, diharapkan bisa menambah daya tarik di Taman Safari Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA