Babak I, Dua Gol Bunuh Diri Bawa Jerman Ungguli Portugal

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Israr Itah

Kai Havertz (ketiga kiri) dari Jerman merayakan gol penyeimbang timnya 1-1 yang berasal dari bunuh diri bek Portugal, Ruben Dias, dalam pertandingan Grup F Euro 2020.
Kai Havertz (ketiga kiri) dari Jerman merayakan gol penyeimbang timnya 1-1 yang berasal dari bunuh diri bek Portugal, Ruben Dias, dalam pertandingan Grup F Euro 2020. Foto: EPA-EFE/Philipp Guelland
Jerman memimpin 2-1 atas Portugal dalam laga Grup F Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Jerman berhasil unggul sementara atas Portugal pada paruh pertama laga Grup F Euro 2020. Pertandingan yang dihelat di Allianz Arena, Muenchen, pada Sabtu (19/6) malam, berakhir 2-1 untuk keunggulan sementara Thomas Muller cs saat turun minum.

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol bermula dari serangan balik dari sepak pojok milik Jerman.

Baca Juga

Peristiwa itu terjadi pada menit ke-15 saat anak asuh Joachim Loew gagal memaksimalkan tendangan sudut. Bola liar hasil sepakan pojok itu lantas diamankan oleh Nelson Semedo yang kemudian mengoper bola tersebut ke Bernando Silva. Pemain Manchester City itu selanjutnya menggiring bola melewati garis tengah dan memberikan umpan silang kepada Diogo Jota.

Bola digiring ke dalam kotak penalti sebelum akhirnya diberikan kepada Ronaldo. Dengan mudah pemain Juventus itu melesakkan bola ke dalam gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer.

Alih-alih menambah keunggulan, Bruno Fernandes dan kawan-kawan justru malah kebobolan dua gol masing-masing pada menit ke-35 dan 39. Gol perdana Jerman dicetak oleh bek Portugal, Ruben Dias yang memasukkan bola ke dalam gawangnya sendiri.

Gol bermula saat Joshua Kimmich memberikan umpan silang kepada Robin Gosens. Pemain Atalanta itu kemudian mencoba memberikan umpan ke Kai Havertz. Bola tersebut terkena kaki Ruben Dias dan mengarah ke dalam gawang Portugal, yang tak bisa dihentikan kiper Rui Patricio.

Gol kedua Jerman lagi-lagi dicetak oleh pemain bertahan Portugal. Kali ini, gol tersebut dicetak oleh Raphael Guerreiro. Gol terjadi menyusul Guerreiro yang mencoba menangkal umpan silang keras pemain lawan.

Bukannya mengamankan bola ke luar kotak penalti, Guerreiro justru malah mengirim bola tersebut ke dalam gawang yang kembali mengecoh Patricio. Skor berakhir sementara 2-1 bagi keunggulan Jerman.

Jerman sebenarnya bisa saja menambah keunggulan pada babak pertama kalau saja gol yang dicetak Robin Gosens setelah memaksimalkan umpan Thomas Mueller saat laga berjalan lima menit tidak dianulir. Wasit menilai Mueller lebih dulu handball sebelum memberikan bola. 

Secara keseluruhan, Manuel Neuer dan kawan-kawan tampil lebih mendominasi jalannya babak pertama. Mereka juga tercatat menguasai bola lebih banyak dan melancarkan serangan lebih sering ke gawang Patricio.

Terkait


Pemain Inggris Raheem Sterling mengacungkan jempolnya saat pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di stadion Wembley di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

9 Fakta Angka Jelang Duel Republik Ceska Vs Inggris

Kapten Kroasia Luka Modric.

8 Fakta Angka Jelang Laga Kroasia Vs Skotlandia

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic berjalan pada pertandingan grup D Euro 2020 melawan Republik Ceska.

Pelatih Kroasia Keluhkan Timnya Belum Temukan Ritme

Stadion Allianz Arena, markas Jerman di Euro 2020.

UEFA Tolak Rencana Lampu Pelangi di Allianz Arena

Pemain Denmark merayakan setelah Andreas Christensen mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Denmark di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin, 21 Juni 2021.

Denmark ke 16 Besar Euro, Eriksen Beri Selamat via Instagram

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image