Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

4 Kabar Gembira Bagi Mereka yang Tinggalkan Dosa Besar

Sabtu 19 Jun 2021 12:00 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT memberikan kabar gembira berupa pahala jika tinggalkan dosa besar. Ilustrasi taubat dari dosa besar

Allah SWT memberikan kabar gembira berupa pahala jika tinggalkan dosa besar. Ilustrasi taubat dari dosa besar

Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Allah SWT memberikan kabar gembira berupa pahala jika tinggalkan dosa besar

REPUBLIKA.CO.ID, — Allah SWT memberikan kabar gembira bagi mereka yang meninggalkan dosa besar. Demikian juga bagi mereka yang bertaubat setelah melakukannya. 

Empat kabar gembira ini tertuang dalam sejumlah ayat Alquran dan hadits Rasulullah SAW. Dikutip dari alukah.net, berikut ini beberapa kabar gembira bagi mereka yang meninggalkan dosa besar: 

Baca Juga

Pertama 

إِنْ تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُمْ مُدْخَلًا كَرِيمًا

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). (QS An Nisa 31)

Kedua 

الصلوات الخمس، والجمعة إلى الجمعة، ورمضان إلى رمضان - مكفِّرات ما بينهن إذا اجتنبَ الكبائرَ

“Sholat lima waktu. Ibadah Jumat yang satu dengan ibadah Jumat berikutnya. Puasa Ramadhan yang satu dengan puasa Ramadhan berikutnya. Itu semua merupakan penghapus dosa antara keduanya, selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR Muslim dari Abu Hurairah)

Ketiga 

ما مِن عبد يعبُدُ الله لا يُشرِك به شيئًا، ويقيم الصلاة، ويؤتي الزكاة، ويصوم رمضان، ويجتَنِب الكبائر، إلا دخل الجنة

Rasulullah pernah ditanya tentang amal yang dapat membuat masuk surga? Beliau menjawab, “Beribadah kepada Allah dan jangan menyekutukan-Nya dengan sesuatupun, menegakkan sholat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan menjauhi dosa-dosa besar maka dia akan masuk surga.” (HR Muslim dari Abu Ayyub RA) 

Keempat  

والذي نفسي بيده- ثلاث مرات- ثم سكت، فأكبَّ كلُّ رجلٍ منا يبكي؛ حزنًا ليمين رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم قال: ((ما من عبدٍ يؤدي الصلوات الخمس، ويصوم رمضان، ويجتنب الكبائر السبع، إلا فُتِحت له أبوابُ الجنة الثمانية يوم القيامة

Dari Nu’aim al Mujm Shuhaib bekas budak orang orang ‘Utwari telah bercerita kepadanya bahwa sesungguhnya dia telah mendengar Abu Hurairah dan Abu Sa’id al Hudry bercerita dari Rasulullah SAW bahwa beliau duduk diatas mimbar kemudian beliau bersabda:

 “Demi Dzat yang diriku dalam Tangan-Nya ”tiga kali”, kemudian beliau diam maka masing masing dari antara kita tertelungkup menangis sedih karena  sumpah Rasulullah SAW kemudian beliau bersabda, "Tidak seorang hamba  yang menunaikan sholat lima waktu, berpuasa pada Ramadhan, dan menjauhkan diri dari tujuh dosa besar kecuali akan dibuka baginya delapan (delapan) pintu surga pada hari kiamat." 

 

Sumber: alukah 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA