Jakarta Tiadakan Uji Coba Jalur Sepeda di Jalan Casablanca

Rep: Ali Mansur/ Red: Andri Saubani

Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencopot rambu yang mengecualikan pengguna sepeda road bike (sepeda balap) di Jalan Layang Non-Tol Kampung Melayu-Tanah Abang alias JLNT Casablanca, kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (13/6). Pencopotan dilakukan setelah adanya protes dari koalisi LSM.
Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencopot rambu yang mengecualikan pengguna sepeda road bike (sepeda balap) di Jalan Layang Non-Tol Kampung Melayu-Tanah Abang alias JLNT Casablanca, kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (13/6). Pencopotan dilakukan setelah adanya protes dari koalisi LSM. | Foto: Republika/Febryan A

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan pekan ini uji coba jalur sepeda jalan layang non tol (JLNT) Casablanca ditiadakan. Keputusan itu diambil sebagai langkah untuk menekan kasus Covid-19 di DKI Jakarta yang meningkat.

"Biasanya ada uji coba jalan layang nontol tol Casblanca untuk sepeda, maka hari Minggu itu ditiadakan," tegas Sambodo sesaat setelah mengikuti Apel Patroli Penanganan Covid-19 TNI-Polri, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/6).

Dengan demikian, kata Sambodo, JLNT Casablanca kembali seperti semula, yaitu hanya untuk kendaraan roda empat. Sebab, menurutnya, para pesepeda yang menggunakan JLNT Casablanca berpotensi atau beresiko mengundang kerumunan.

Disamping itu, Sambodo menegaskan, pada akhir pekan ini pihaknya akan melakukan penertiban dan membatasi kegiatan-kegiatan olahraga yang beresiko menimbulkan kerumunan. Hanya saja, ia menggarisbawahi bahwa sebenarnya bukan olahraganya yang dilarang tetapi kerumunannya yang harus dicegah.

"Jadi bukan olahraganya, kalau olahraganya silakan, tapi ketika berolahraga karena mereka berkerumun dan sebagainya. Pascaolahraga itu nanti akan kita tertibkan," tutup Sambodo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


DKI Memulai Operasi Pendisiplinan tanpa Kompromi

DKI Tambah 4.737 Kasus Covid-19, Anies: Rekor Selama Pandemi

Anies Minta Warga Jakarta di Rumah Saja Akhir Pekan Ini

Rekor Baru DKI Jakarta: 4.737 Kasus Covid-19 dalam 24 Jam

Politikus PDIP: Jalur Sepeda Memang Bermasalah, Bongkar Saja

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image