Legislator Minta Pemerintah Gerak Cepat Antisipasi Covid-19

Lonjakan kasus harus jadi alarm bagi pemerintah untuk waspada dan segera bergerak

Jumat , 18 Jun 2021, 19:40 WIB
Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani meminta pemerintah waspada dan bergerak cepat mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi.
Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani meminta pemerintah waspada dan bergerak cepat mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani meminta pemerintah waspada dan bergerak cepat mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi. Ia menekankan pentingnya testing, tracing dan treatment (3T) dan penegakan protokol kesehatan.

"Lonjakan kasus ini harus jadi alarm bagi pemerintah untuk waspada dan segera bergerak cepat melakukan  langkah antisipasi dengan meningkatkan testing. Jangan sampai kita baru gelagapan setelah semakin banyak  daerah zona merah," ujar Netty lewat keterangan tertulisnya, Jumat (18/6).

Ia meminta pemerintah memastikan fasilitas kesehatan dalam merespon lonjakan kasus Covid-19 di berbagai daerah. Hal tersebut perlu dilakukan agar pasien yang terinfeksi dapat dirawat dengan baik.

"Rumah sakit di daerah yang bukan zona merah juga harus disiapkan  untuk membantu menangani pasien. Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) di setiap daerah harus terus dimonitor," ujar Netty.

Pemerintah diminta mengkaji kembali kemungkinan pemberlakuan lockdown total guna mengendalikan kasus. Di samping itu, pemerintah harus lebih ketat dalam mengawasi penerapan prokes di tempat umum.

"Ini dapat menjadi situasi yang berbahaya, oleh karena itu pemerintah tidak boleh lengah dan lelah dalam memantau penegakan prokes. Sosialisasi dan edukasi masif kepada masyarakat harus terus dilakukan," ujar Netty.