Jumat 18 Jun 2021 02:50 WIB

Penalti Memphis Depay Bawa Belanda Unggul 1-0 atas Austria

Wasit menggunakan VAR untuk lihat pelanggaran berujung penalti Memphis Depay

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Memphis Depay (tengah) dari Belanda merayakan gol pembuka dari titik penalti pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Austria di Amsterdam, Belanda, 17 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Olaf Kraak / POOL
Memphis Depay (tengah) dari Belanda merayakan gol pembuka dari titik penalti pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Austria di Amsterdam, Belanda, 17 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Timnas Belanda mencari kemenangan kedua saat menjamu timnas Austria pada lanjutan Grup C Euro 2020, yang berlangsung di Stadion Johan Cruyff, Jumat (18/6).

Tampil ngotot sejak menit awal akhirnya membuahkan hasil positif. Belanda sukses mencetak gol lewat penalti Memphis Depay pada menit ke-11. Sekaligus membuat de Oranje sementara unggul 1-0.

Berawal dari dijatuhkannya bek sayap Dumfries oleh David Alaba, wasit melakukan tinjauan VAR untuk melihat tayangan ulang. Depay yang menjadi algojo dengan tenang sukses memperdaya kiper Daniel Bachmman. Calon pemain anyar Barcelona itu melepaskan tembakan ke ujung kanan gawang Austria.

Tertinggal satu gol membuat Austria langsung bereaksi. Marcel Sabitzer dan kawan-kawan kini mengurung permainan de Oranje.

Mengandalkan serangan cepat melalui kedua sayap Stefan Leiner, dan Sabitzer. Namun, tim besutan Franco Foda masih kesulitan menembus rapatnya lini belakang Belanda.

photo
Memphis Depay (2L) dari Belanda melakukan selebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol pembuka dari titik penalti pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Austria di Amsterdam, Belanda, 17 Juni 2021.

De Ligth yang kembali dari cedera tampil disiplin bersama De Vrij dan Daley Blind. Alhasil, upaya yang dibuat dua striker Austria Gregoritsch dan Baumgartner masih belum membahayakan gawang Stekelenburg.

Depay gagal memanfaatkan ruang kosong yang berada di dalam kotak penalti lawan pada menit ke-40. Umpan manis Weghorst yang langsung disamber Depay berakhir di atas gawang Austria.

Memasuki lima menit akhir interval pertama Belanda kembali mendominasi jalannya pertandingan. Armada Frank de Boer melepas enam tembakan dengan satu tembakan berujung go. Sedangkan Austria baru menghasilkan dua percobaan tembakan tepat sasaran ke gawang lawan.

Hingga peluit babak pertama berbunyi skor 1-0 untuk keunggulan timnas Belanda bertahan. Praktis, pelatih Franco Foda dituntut untuk melakukan perubahan taktis jika ingin mengejar ketertinggalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement