Penalti Memphis Depay Bawa Belanda Unggul 1-0 atas Austria

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Memphis Depay (tengah) dari Belanda merayakan gol pembuka dari titik penalti pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Austria di Amsterdam, Belanda, 17 Juni 2021.
Memphis Depay (tengah) dari Belanda merayakan gol pembuka dari titik penalti pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Austria di Amsterdam, Belanda, 17 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/Olaf Kraak / POOL
Wasit menggunakan VAR untuk lihat pelanggaran berujung penalti Memphis Depay

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Timnas Belanda mencari kemenangan kedua saat menjamu timnas Austria pada lanjutan Grup C Euro 2020, yang berlangsung di Stadion Johan Cruyff, Jumat (18/6).

Tampil ngotot sejak menit awal akhirnya membuahkan hasil positif. Belanda sukses mencetak gol lewat penalti Memphis Depay pada menit ke-11. Sekaligus membuat de Oranje sementara unggul 1-0.

Berawal dari dijatuhkannya bek sayap Dumfries oleh David Alaba, wasit melakukan tinjauan VAR untuk melihat tayangan ulang. Depay yang menjadi algojo dengan tenang sukses memperdaya kiper Daniel Bachmman. Calon pemain anyar Barcelona itu melepaskan tembakan ke ujung kanan gawang Austria.

Tertinggal satu gol membuat Austria langsung bereaksi. Marcel Sabitzer dan kawan-kawan kini mengurung permainan de Oranje.

Mengandalkan serangan cepat melalui kedua sayap Stefan Leiner, dan Sabitzer. Namun, tim besutan Franco Foda masih kesulitan menembus rapatnya lini belakang Belanda.

photo
Memphis Depay (2L) dari Belanda melakukan selebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol pembuka dari titik penalti pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Austria di Amsterdam, Belanda, 17 Juni 2021.
De Ligth yang kembali dari cedera tampil disiplin bersama De Vrij dan Daley Blind. Alhasil, upaya yang dibuat dua striker Austria Gregoritsch dan Baumgartner masih belum membahayakan gawang Stekelenburg.

Depay gagal memanfaatkan ruang kosong yang berada di dalam kotak penalti lawan pada menit ke-40. Umpan manis Weghorst yang langsung disamber Depay berakhir di atas gawang Austria.

Memasuki lima menit akhir interval pertama Belanda kembali mendominasi jalannya pertandingan. Armada Frank de Boer melepas enam tembakan dengan satu tembakan berujung go. Sedangkan Austria baru menghasilkan dua percobaan tembakan tepat sasaran ke gawang lawan.

Hingga peluit babak pertama berbunyi skor 1-0 untuk keunggulan timnas Belanda bertahan. Praktis, pelatih Franco Foda dituntut untuk melakukan perubahan taktis jika ingin mengejar ketertinggalan.

Terkait


 Pelatih kepala Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

Loew Senang Jerman Tunjukkan Mentalitas Hebat

Antoine Griezmann (kiri) dari Prancis merayakan golnya ke gawang Hungaria bersama rekan setimnya Ousmane Dembele dalam pertandingan Grup F Euro 2020.

Griezmann Nilai Faktor Penonton Buat Prancis Gagal Menang

Denzel Dumfries dinobatkan sebagai pemain terbaik atau star of the match laga Belanda vs Ukraina di Euro 2020.

Bek Belanda Ini Nyaman dengan Posisi yang Diberikan De Boer

Lorenzo Insigne (kiri) dan Gareth Bale akan beradu ketajaman saat Italia menghadapi Wales dalam laga terakhir Grup A Euro 2020.

Infografis Italia vs Wales: Laga Penentuan Juara Grup A

Aksi Robin Gosens dari Jerman di Euro 2020.

Gosens Hadirkan Senyum di Wajah Joachim Loew

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image