Kamis 17 Jun 2021 14:46 WIB

Survei LSI: Belum Ada Capres di Posisi Aman

Nama Prabowo duduki urutan pertama dalam elektabilitas capres.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Prabowo Subianto. Berdasarkan survei LSI, nama Prabowo Subianto masih duduk di urutan pertama dengan elektabilitas 23,5 persen.
Foto: Prayogi/Republika.
Prabowo Subianto. Berdasarkan survei LSI, nama Prabowo Subianto masih duduk di urutan pertama dengan elektabilitas 23,5 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan, belum ada calon presiden (capres) premium atau dominan dua tahun menjelang Pilpres 2024. Nama-nama capres yang bermunculan saat ini belum mencapai titik elektabilitas yang aman berdasarkan survei yang baru-baru ini dilakukan LSI.

"Belum ada capres premium atau di atas 25 persen (elektabilitas) dari sembilan nama selama dua tahun menjelang pilpres," kata peneliti LSI, Adjie Alfaraby, dalam rilis survei secara daring pada Kamis (17/6).

Baca Juga

Berdasarkan survei LSI, nama Prabowo Subianto masih duduk di urutan pertama dengan elektabilitas 23,5 persen. Sang Menhan ditempel ketat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo 15,5 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 13,8 persen.

"Angka 25 persen tunjukkan dia kandidat kuat. Semua nama masih di bawah 25 persen, hanya Prabowo yang mendekati. Top 3 Prabowo, Gandjar, dan Anies di beberapa lembaga survei lain begitu juga," ucap Adji.

Adjie menekankan titik aman seorang capres dalam Pilpres 2024 wajib menyentuh angka elektabilitas 25 persen. Sebab, ia menduga paling banyak akan ada empat capres yang bertarung pada Pilpres 2024.

"Harus 25 persen karena secara matematis kemungkinan paling banyak capres empat pasang pada 2024 berarti (25 persen) itu seperempatnya," ujar Adji.

Diketahui, penelitian LSI menggunakan metode multistage random sampling dengan pengumpulan data dilakukan selama 27 Mei-4Juni 2021. Total responden sebanyak 1.200 orang di 34 Provinsi se-Indonesia. Wawancara survei dilakukan tatap muka dengan prokes. Adapun margin of error-nya 2,9 persen.

Hasil lengkap elektabilitas capres versi survei LSI:

Prabowo Subianto: 23,5 persen

Ganjar Pranowo: 15,5 persen

Anies Baswedan: 13,8 persen

Sandiaga Uno: 7,6 persen

Airlangga Hartarto: 5,3 persen

Agus Harimurti Yudhoyono: 3,8 persen

Puan Maharani: 2 persen

Moeldoko: 0,1 persen

Tidak tahu/tidak jawab: 26,5 persen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement