Kamis 17 Jun 2021 12:52 WIB

Hal yang Sebaiknya tak Dilakukan Saat Mandi Pagi

Waktu yang dihabiskan saat mandi pagi jangan lebih dari 10 menit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Ilustrasi mandi.
Foto: Republika
Ilustrasi mandi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi pada pagi hari merupakan rutinitas yang dibutuhkan untuk mendukung kesegaran dalam beraktivitas sehari-hari. Namun ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti suhu, waktu, dan produk yang digunakan agar mandi pagi tidak menimbulkan masalah pada kemudian hari.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat mandi pagi, seperti dilansir di laman Bestlife, Kamis (17/6).

1. Mandi dengan air terlalu panas

Meskipun gagasan untuk memulai pagi dengan mandi air dingin atau hangat terdengar tidak menarik, para ahli mengatakan itu adalah hal terbaik untuk Anda. "Mandi pagi Anda harus menggunakan air suam-suam kuku dan tidak terlalu panas," kata ahli kecantikan profesional, Alison Angold.

Air yang sangat panas tidak hanya akan mengeringkan kulit, tetapi juga menghilangkan penghalang permukaan kulit yang terdiri dari keringat dan sebum untuk memberi lapisan perlindungan antibakteri yang tak terlihat. 

Perlindungan ini mencegah bakteri dari memasuki kulit, tetapi juga melindungi terhadap kekeringan yang berlebihan, sensitivitas, iritasi, berjerawat. Dokter kulit klinis, Ailynne Marie Vergara-Wijangco, setuju bahwa air panas menghilangkan minyak alami dan merusak kulit lebih cepat.

2. Terlalu lama

Meskipun mungkin tergoda untuk memulai hari dengan mandi panjang dan mewah, para ahli memperingatkan agar tidak melakukannya. "Mandi terlalu lama bisa berbahaya bagi kulit," kata Amber O'Brien, MD, seorang dokter di Mango Clinic. 

O'Brien menyarankan menghabiskan tidak lebih dari lima sampai 10 menit di kamar mandi pada pagi hari. Paparan air yang berkepanjangan dapat menyebabkan kulit dan rambut kering. 

Selain itu, mandi lebih lama memungkinkan pembersih apa pun menjadi lebih merusak. Sebenarnya, semakin pendek mandi, semakin baik.

O'Brien mencatat, mereka yang menderita eksim atau psoriasis harus menghabiskan waktu sesedikit mungkin di kamar mandi sambil tetap bersih. Kondisi orang dengan dermatitis atopik atau kulit sangat kering juga diperburuk dengan mandi terlalu lama atau terlalu panas.

3. Produk yang tidak tepat

Waktu dan suhu mandi bisa jadi tidak relevan jika Anda menggunakan semua produk yang salah. Angold mengatakan, beberapa sabun dan gel mandi dapat mengganggu keseimbangan PH dari mantel asam dan melepaskannya dari kulit, sehingga membuat kulit mengalami kondisi buruk.

Dia merekomendasikan untuk menggunakan pelembab tubuh atau minyak mandi guna menjaga keseimbangan halus kulit dan mendukung perlindungan kulit. Jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu, konsultasikan dengan dokter tentang produk mana yang terbaik untuk Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement