Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Spotify Luncurkan Aplikasi Audio Sosial Greenroom

Kamis 17 Jun 2021 12:18 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Dwi Murdaningsih

 Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi raksasa streaming audio Swedia Spotify yang ditampilkan pada ponsel di Oestrich-Winkel, Jerman, 04 Februari 2021 (dikeluarkan 05 Februari 2021).

Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi raksasa streaming audio Swedia Spotify yang ditampilkan pada ponsel di Oestrich-Winkel, Jerman, 04 Februari 2021 (dikeluarkan 05 Februari 2021).

Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Greenroom saat ini tersedia di iOS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spotify merilis aplikasi audio sosial mirip Clubhouse yang disebut Greenroom. Audio sosial ini tersedia perangkat iOS dan Android.

Greenroom memungkinkan pengguna untuk meng-host percakapan langsung. Dilansir dari Pocket-lint, Kamis (17/6), aplikasi yang memiliki desain hijau-hitam klasik Spotify ini dibangun di Locker Room dan dibuat oleh Betty Labs. 

Baca Juga

Meskipun aplikasi itu berfokus pada olahraga, Greenroom akan memungkinkan percakapan tentang berbagai topik, dari olahraga, musik hingga budaya. Fitur termasuk kemampuan untuk mencari ruang yang akan datang, bergabung dengan ruang dan bahkan membuat ruang, serta rekaman asli sehingga pengguna dapat menyimpan percakapan dan mendistribusikannya sebagai podcast.

Jika tertarik, Anda dapat mendaftar dengan login Spotify Anda, meskipun tidak diperlukan untuk menggunakan aplikasi. Saat mendaftar, Anda akan diminta untuk memilih minat, termasuk genre musik favorit dan tim olahraga sehingga dapat memunculkan ruangan yang relevan dan percakapan langsung yang mungkin menarik bagi Anda untuk bergabung.

Sebagai bagian dari peluncuran Greenroom, Spotify mengumumkan dana pembuat konten, meskipun hanya menawarkan sedikit detail. Orang-orang di Greenroom kemungkinan akan dibayar berdasarkan seberapa populer kamar mereka dan keterlibatan apa pun di dalamnya. 

Audio sosial jelas menjadi salah satu tren utama 2021. Sejak Clubhouse muncul, Twitter telah meluncurkan Spaces, Facebook membuat Live Audio Room dan bahkan Slack, LinkedIn, Reddit dan Discord semuanya membangun pengalaman serupa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA