Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Biden: Pertemuan dengan Putin Bukan untuk Lawan Rusia

Kamis 17 Jun 2021 09:54 WIB

Red: Nur Aini

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pertemuan dengan presiden Rusia bukan untuk menentang Rusia, tetapi untuk kepentingan rakyat Amerika.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pertemuan dengan presiden Rusia bukan untuk menentang Rusia, tetapi untuk kepentingan rakyat Amerika.

Putin dan Biden mengadakan konferensi pers terpisah setelah pertemuan tatap muka

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pertemuan dengan presiden Rusia bukan untuk menentang Rusia, tetapi untuk kepentingan rakyat Amerika. Hal itu dikatakan Biden setelah pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (16/6).

Dengan menarik perhatian dunia, Biden dan Putin berbincang selama lebih dari tiga jam di Jenewa dalam pertemuan tatap muka pertama mereka sejak Biden menjabat sebagai presiden AS Januari ini.

Baca Juga

"Saya mengatakan kepada Presiden Putin bahwa agenda saya tidak melawan Rusia atau siapa pun. Ini adalah untuk rakyat Amerika," kata Biden, yang menjadi tuan rumah konferensi pers di taman vila buatan abad ke-18 tempat mereka bertemu.

Biden berbicara singkat dan mengatakan dia akan terus mengangkat masalah hak asasi manusia dengan Putin. Presiden AS  itu mengatakan dia menjelaskan kepada pemimpin Rusia bahwa negaranya tidak akan menoleransi upaya untuk melanggar "kedaulatan demokratisnya atau mengacaukan pemilihan demokratis kita."

Dia juga memperingatkan Putin tentang konsekuensi yang menghancurkan jika tokoh oposisi Alexey Navalny meninggal saat berada di penjara Rusia setelah melarikan diri ke Jerman selama beberapa bulan setelah diracun. Biden mengatakan Rusia dan AS telah meluncurkan dialog bilateral untuk mengendalikan senjata berbahaya.

Putin datang dengan pesawat dari Moskow sekitar satu jam sebelum dimulainya pembicaraan yang dijadwalkan, yang berlangsung di tengah ketegangan antara kedua negara adidaya itu. Keamanan diperketat di kota terbesar kedua di Swiss yang dikelilingi oleh pegunungan Alpen dan Jura, dan menampung markas besar PBB di Eropa dan beberapa badan PBB seperti Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Perdagangan Dunia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/biden-pertemuan-dengan-putin-bukan-untuk-lawan-rusia-tapi-untuk-rakyat-amerika/2276628
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA