UEFA Minta Penjelasan Timnas Prancis Soal Insiden Pavard

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

 Pemain belakang Prancis Benjamin Pavard (tengah) dan penjaga gawang Hugo Lloris mengadang bola dari pemain Jerman Serge Gnabry (kanan) dalam laga Grup F Euro 2020 pada Rabu (16/6) di Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Rabu (16/6) dini hari WIB.
Pemain belakang Prancis Benjamin Pavard (tengah) dan penjaga gawang Hugo Lloris mengadang bola dari pemain Jerman Serge Gnabry (kanan) dalam laga Grup F Euro 2020 pada Rabu (16/6) di Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Rabu (16/6) dini hari WIB. Foto: AP/Alexander Hassenstein, Pool
Pavard sempat tidak sadarkan diri pada babak kedua dalam laga kontra Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah meminta penjelasan kepada Federasi Sepak Bola Prancis (FFP) terkait insiden yang menimpa Benjamin Pavard saat Prancis membungkam Jerman, 1-0, Rabu (16/6) dini hari WIB. Dalam laga kedua penyisihan Grup F Euro 2020 tersebut, Pavard sempat tidak sadarkan diri pada babak kedua.

Pada menit ke-58, bek sayap Bayern Muenchen itu terlihat bertabrakan dengan pemain sayap Jerman, Robin Gosens, saat terlibat dalam duel perebutan bola. Kepala Pavard terlihat berbenturan dengan badan Gosens. Pavard pun sempat tergeletak dan tidak sadarkan diri selama beberapa detik.

Setelah mendapatkan perawatan dari tim medis, bek sayap kanan berusia 26 tahun itu kemudian langsung pulih dan terus melanjutkan permainan. Keputusan timnas Prancis untuk tidak melakukan pergantian pemain dan terus menurunkan Pavard hingga akhir laga ini pun mendapatkan sorotan.

Pasalnya, Les Bleus dianggap tidak melakukan protokol pencegahan gegar otak, yang telah disepakati berbagai pihak, termasuk UEFA, Asosiasi Pesepak bola Profesional Internasional (Fifpro), dan anggota UEFA, beberapa waktu lalu.

''UEFA ingin mengetahui apa alasan dan yang terjadi dalam pengambilan keputusan tersebut. Apakah timnas Prancis mengikuti protokol yang telah ditetapkan?'' tulis laporan BBC, Rabu (16/6).

Penerapan protokol pencegahan gegar otak kepada para pemain ini pun telah disepakati di gelaran Euro 2020. UEFA, Fifpro, dan seluruh kontestan Euro 2020 telah menyatakan persetujuannya menerapkan protokol tersebut.

Salah satu aturan dalam protokol pencegahan gegar otak itu menyebut, setiap tim akan langsung menarik pemain yang diduga mengalami gegar otak, baik saat di sesi latihan ataupun di pertandingan. Sebelumnya, pasca-laga Prancis kontra Jerman, Pavard sempat mengaku kehilangan kesadaran beberapa saat setelah bertabrakan dengan Gosens.

''Saya benar-benar terkejut. Saya sempat tidak sadar sekitar 10 hingga 15 detik. Namun, setelah itu, saya merasa jauh lebih baik,'' ujar Pavard seperti dikutip BBC.
Langkah UEFA untuk meminta keterangan dari FFP ini tidak terlepas dari desakan Fifpro. Dalam keterangan resminya, Fifpro mengaku telah melakukan kontak dengan UEFA soal insiden Pavard tersebut.

''Kami ingin tahu, apakah protokol pencegahan gegar otak di laga itu tidak diterapkan,'' tulis pernyataan resmi Fifpro seperti dilansir BBC.

Terkait


Pemain Inggris Raheem Sterling mengacungkan jempolnya saat pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di stadion Wembley di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

9 Fakta Angka Jelang Duel Republik Ceska Vs Inggris

Kapten Kroasia Luka Modric.

8 Fakta Angka Jelang Laga Kroasia Vs Skotlandia

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic berjalan pada pertandingan grup D Euro 2020 melawan Republik Ceska.

Pelatih Kroasia Keluhkan Timnya Belum Temukan Ritme

Stadion Allianz Arena, markas Jerman di Euro 2020.

UEFA Tolak Rencana Lampu Pelangi di Allianz Arena

Pemain Denmark merayakan setelah Andreas Christensen mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Denmark di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin, 21 Juni 2021.

Denmark ke 16 Besar Euro, Eriksen Beri Selamat via Instagram

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image