Universitas Muhammadiyah Kudus Aktifkan Shelter Isolasi

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi virus corona.
Ilustrasi virus corona. | Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Bupati Kudus, Hartopo, meresmikan Pesantren Covid Shelter MCCC di Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU). Shelter didirikan atas kerja sama PWM Jawa Tengah, PDM Kudus, RS Aisyiyah Kudus, MCCC, Lazismu dan Pemkab Kudus.

Bupati Kudus, Hartopo, mengapresiasi pembentukan Pesantren Covid Shelter MCCC UMKU tersebut. Ia menilai, shelter ini sangat membantu pemda dalam melakukan upaya-upaya isolasi mandiri, mengingat banyaknya warga yang harus diisolasi.

Apalagi, mereka harus diisolasi di Asrama Haji Donohudan karena keterbatasan ruang isolasi yang ada di Kudus. Hartopo berharap, pendirian shelter ini bisa diikuti universitas, perusahaan, pabrik dan seluruh elemen masyarakat lainnya.

"Mudah-mudahan ke depan setiap universitas, pabrik maupun desa yang ada di Kudus mampu menginisiasi pembuatan dan pengelolaan shelter untuk menampung warganya sendiri," kata Hartopo, Rabu (16/6).

Baca Juga

Rektor UMKU, Rusnoto berharap, shelter ini bisa membantu mengurangi penularan bagi warga yang terkonfirmasi positif dan harus diisolasi. UMKU akan bekerja sama dengan RS Aisyiyah untuk melakukan screening sebelum menerima pasien. Ia menegaskan, tim shelter ini sudah berkomunikasi dengan pemangku kepentingan lingkungan sekitar guna memastikan keamanan dan kenyamanan bersama.

"Kita tidak langsung memasukkan mereka yang terkonfirmasi ke shelter, namun rekomendasi dari dokter maupun tim kesehatan RS Aisyiyah yang jadi acuan kita memasukan mereka yang terkonfirmasi positif ke shelter," ujar Rusnoto.

Direktur RS Aisyiyah Kudus, dr Hilal Ariadi menambahkan, selama di shelter tim kesehatan akan memantau perkembangan pasien lewat kunjungan dokter setiap hari. Jika ditemukan gejala berat, akan disiapkan ambulans untuk mengantar ke RS.

"Jika setelah diperiksa ternyata bisa isolasi mandiri, maka pasien dikembalikan ke shelter, dan jika kondisinya gawat, maka dirawat inapkan di RS," kata Hilal.

Setelah peresmian, rombongan Bupati Kudus, Rektor UMKU dan Direktur RS Aisyiyah Kudus juga meninjau ruangan-ruangan yang ada dalam Pesantren Covid Shelter MCCC UMKU. Adapun shelter ini rencananya sudah mulai beroperasi pada 17 Juni 2021. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pemkab Kudus Targetkan 607.063 Orang Divaksinasi Covid-19

Budayawan Mojokerto Diminta Terapkan Gas & Rem Hadapi Covid

Covid-19 Melonjak, Ganjar Minta Kepala Daerah tak Panik 

Polres Madiun Kota Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat

Prancis Longgarkan Persyaratan Masker dan Jam Malam

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark